DMI.OR.ID, DEPOK – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok menyambut baik kegiatan bertajuk: Universitas Indonesia (UI) Peduli, Aksi Hemat Air Wudhu Di Masjid-Masjid Kota Depok pada Kamis (24/5) siang di Masjid Balai Kota Depok, Depok.

Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, KH. Abdullah Syafii, M.M., menyatakan hal itu pada Kamis (24/5) siang, dalam sambutannya. Kegiatan ini diseleggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengembangan Mahasiswa (DRPM) Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Sastra Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).

“Dewan Pimpinan MUI Kota Depok menyambut baik dan mengapresiasi acara sosialisasi Aksi Hemat Air Wudhu yang diselenggarakan oleh UI dan Universitas Podomoro ini. Apalagi kita akan segera menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” papar Kyai Abdullah saat diwawancarai DMI.OR.ID, Kamis (24/5).

MUI Kota Depok, lanjutnya, mendukung kegiatan Aksi Hemat Air Wudhu ini dan akan turut aktif dalam sosialisasi program ini di 10 masjid yang tersebar di kota Depok. “Masjid Balai Kota Depok ini menjadi tempat pertama kali pelaksanaan sosialisasi,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan selanjutnya akan berlangsung pada Senin (29/5) pekan depan di Masjid Ukhuwwah Islamiyah, Kampus UI, Depok, setelah sholat Zuhur Berjama’ah. Lalu berlanjut di delapan masjid lainnya, antara lain Masjid Al-Muhajirin, Depok, dan di Masjid Al-Hikam, Pondok Pesantren Al-Hikam, Beji, Depok.

“Tepatnya setelah pelaksanaan sholat Tarawih dan Witir berjamaah di kedua masjid itu. MUI juga akan menghadirkan sejumlah dai dan muballigh dalam sosialisasi ini agar masyarakat dapat menghemat air saat berwudhu. Apalagi alat penghemat air ini dapat mengurangi volume rata-rata air wudhu dari empat liter menjadi satu liter,” jelasnya.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Peneliti Pengabdian Masyarakat (Pengmas) UI Peduli, Dr. H. Fauzan MuslimS.S., M.Hum. Ia memberikan kata sambutan mewakili UI dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini juga didukung oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Balai Kota Depok, serta Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan Universitas Podomoro, I Made Indradjaja Marcus Brunner, S.T., M.T., M.U.R.P., Ph.D., sebagai penemu teknologi terapan untuk menghemat volume air dari keran.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani