DMINEWS, JAKARTA – Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) kini sedang menyelenggarakan Sayembara Desain Arsitektur Masjid.

Ketua Panitia penyelenggara, Hery Sucipto, menyatakan kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Indonesia Syiar Network (ISN), PT Telkom Indonesia dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

“Perlombaan saat ini memasuki tahap pencurian oleh tim juri,” ujar Hery di lokasi penjurian, rumah dinas Menkominfo, Jln Widya Candra V, No 27, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Ia menjelaskan, dewan juri terdiri dari kalangan profesional, diantaranya Fauzan Noekman (arsitek masjid) Imelda Akmal (architeckh desainer) dan Moenich B. Edres (Ketua Umum IAI).

“Luar biasa perdebatannya. Antar juri sangat sengit berdebat dalam menentukan atau memberikan penilaian terhadap karya desain,” lanjut Hery.

Bahkan, untuk menentukan apakah karya yang sudah lolos secara administratif layak dinilai untuk menjadi nominasi, juga sangat sengit perdebatannya.

“Tim juri ingin hasil yang maksimal dan mendapatkan juara yang benar-benar seperti diharapkan,” kata Hery.

Seperti diketahui, sayembara diikuti lebih 200 orang, namun hingga deadline terakhir yang ditentukan, hanya 145 pendaftar yang menyerahkan karyanya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani