DMI.OR.ID, TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Dr. H. Tribuana Sultan (T. S.) Arif Fadillah S.Sos., M.Si., menyatakan bahwa masjid ialah fondasi bagi ummat Islam untuk meningkatkan ilmu, serta keimanan, dan ketakwaan kepada Allah SWT. Konsekuensinya, ummat harus dekat dengan masjid.

Dr. Arif Fadhillah menyatakan hal itu pada Rabu (28/12), saat memberikan kata sambutan dalam Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) III Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kepri. Kegiatan ini mengangkat tema: Menuju Masjid Masa Depan Yang Mandiri dan Multi Fungsi.

“Generasi muda harus menjadi perhatian kita bersama agar semakin dekat dengan Masjid. Mari  kita dorong mereka agar semakin tertarik ke masjid,” tutur Arif pada Rabu (28/12) petang, seperti dikutip dari laman www.kemendagri.go.id

Menurutnya, generasi muda dapat terus diberikan pemahaman tentang pelajaran agama Islam yang baik dan benar oleh pengurus masjid. “Paling tidak, mereka dapat menyaring berbagai kemodernan yang tidak semuanya baik untuk diterima,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yang sebentar lagi akan mewisuda 1.001 siswa yang hafizh Al-Qur’an. “Mudah-mudahan program ini dapat memotivasi generasi muda Kepri untuk menghafal dan memahami Al-Qur’an,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Arif mengatakan,  tidak lama lagi Kepri akan mewisuda 1001 hafizh. Program ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk hafal Al Quran.

Penulis: Muhamad Ibrahim Hamdani