DMI.OR.ID, PANGKALPINANG – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah menyelenggarakan Tabligh Akbar dan Taushiyah,  pada Rabu (06/12/17) malam di Masjid Al-Huda, Kampung Melintang, Kecamatan Rangkul, Kota Pangkalpinang, Provinsi Babel.

Seperti dikutip dari laman http://www.babelprov.go.id, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 1439 Hijriah dan menghadirkan da’i kondang asal Pekanbaru, Riau, Ustadz Abdul Somad, Lc., M.A. Kegiatan ini juga bertujuan memberikan siraman nurani dan pencerahan kepada masyarakat.

Dalam kunjungannya ke Pangkalpinang selama dua hari itu, Rabu – Kamis (6-7/12/17), Ustadz Abdul Somad juga dijadwalkan mengisi ceramah shubuh di Masjid Agung Sungailiat, Kecamatan Parit Padang, Kota Sungailiat, pada Kamis (7/12/17), dan memberikan taushiyah di Kantor Gubernur Babel pada pagi harinya.

seperti dikutip dari laman http://bangka.tribunnews.com, Ustaz Abdul Somad pun turut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (7/12/17) siang, bertempat di Masjid Raya Tuatunu, Kelurahan Tuatunu Indah, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang.

Dalam keterangan resminya, Ketua PW DMI provinsi Babel, Ustaz Muhammad Rasyid Ridho, S.Ag., menyatakan bahwa alasan utama mengundang Ustadz Abdul Somad sebagai penceramah ialah ummat Islam di Babel ingin melihat langsung ceramah da’i asal Pekanbaru itu, tidak hanya melalui televisi atau media sosial.

“Ustad Abdul Somad ini kan memang ulama/ mubaligh yang sedang dinantikan umat. Beberapa bulan lalu, teman-teman pengurus masjid bersama masyarakat datang ke kediamannya dan mengundang beliau ke Babel. Lalu (kami) menyampaikan jika masyarakat sudah rindu dengannya, ternyata setelah liat jadwalnya bisa di bulan Desember, kalau 2018 nanti sudah full,” tutur Ustaz Rasyid Ridho.

Ketika Ustadz Abdul Somad mengisi tabligh akbar di Masjid Agung Sungailiat, Kamis (07/12/17), fenomena istimewa pun terjadi karena yang menjadi muadzin saat sholat Shubuh Berjama’ah ialah Gubernur Bangka Belitung, Dr. (HC) H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M., dan yang melantunkan iqamat ialah Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi Saat, M.M.

“Saya sangat tersanjung, karena baru ini saya merasakan real, Gubernurnya muazzin, Bupatinya melakukan iqomat. Saya sangat bahagia karena bisa bertatap muka langsung dengan masyarakat Babel. Suasananya antusias sekali, semua datang ke masjid, mencintai masjid, masyaAllah, semoga diridhoi semuanya.” papar Ustadz Somad di hadapan ribuan jamaah.

Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad menitikberatkan tentang makna kehidupan kita sebagai seorang Muslim, serta agama Islam sebagai pedoman kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani