DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) hadirkan sejumlah pakar dan tokoh bangsa dalam kegiatan Lokakarya Nasional Pengelolaan Waqaf dan Aset-Aset Masjid di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Senin (25/5) hingga Selasa (26/5).

Acara ini diselenggarkan oleh PP DMI bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Acara juga diikuti oleh sekitar 300 orang perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) dari 34 provinsi se-Indonesia.

Pada hari pertama, PP DMI menghadirkan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, H. Zulkifli Hasan, SE, MM, Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ir. H. Doddy Imron Cholid, MS, dan  Ketua Bidang Jaringan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dr. H. Naharus Surur. M. Ked.

Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat PP DMI, Drs. H. Andi Mappaganty, MM, menjadi moderator dalam sesi ceramah berjudul Strategi dan Kebijakan Pengelolaan Masjid dan Aset-Asetnya, dengan penceramah Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR, pada Senin (25/5).

Sedangkan Ketua Departemen Sarana Hukum dan Waqaf PP DMI, Dr. H. Nadjamuddin Ramly, MA, menjadi moderator dalam ceramah berjudul Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Indonesia dengan penceramah Ketua MPR RI pada Senin (25/5).

Adapun Ketua Pengurus Wilayah (PW) DMI Provinsi Bali, H. Bambang Santoso, menjadi moderator dalam ceramah berjudul Pengelolaan Zakat Infaq dan Shodaqoh Melalui Masjid oleh Ketua Bidang Jaringan BAZNAS.

Dalam kegatan hari pertama di Masjid Istiqlal ini, hadir Ketua Bidang SHW PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Ketua Bidang Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan SDM PP DMI, Drs. H.R. Maulany, SH, dan Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida. Hadir pula beberapa calon pengurus Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI.

Kegiatan lokakarya waqaf ini juga didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Badan Waqaf Indonesia (BWI), Kementerian Agama, dan Kementerian ATR/ BPN. Peserta pun tampak antusias mengikuti kegiatan Lokakarya Waqaf hari pertama ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani