DMI.OR.ID – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menghadirkan sejumlah pakar di bidang waqaf dalam kegatan Lokakarya Nasional Pengelolaan Waqaf dan Aset-Aset Masjid di Indonesia pada Selasa (26/5) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dalam kegiatan hari kedua ini, PP DMI menghadirkan Direktur Eksekutif Badan Waqaf Indonesia (BWI), Achmad Djunaidi, dalam sesi pertama ceramah pada Selasa (26/5) pagi, dengan judul Strategi Pengelolaan Waqaf Secara Nasional.

Pembicara lainnya ialah Direktur Urusan Agama Islam (URAIS) dan Pembinaan Syariah (Binsyar) Kementerian Agama (Kemenag), Dr. KH. Muchtar Ali, dengan judul ceramah Strategi dan Kebijakan Pendataan Masjid dan Memakmurkannya. Dalam sesi ini, Ketua Departemen Sarana Hukum dan Waqaf (SHW) PP DMI, Dr. H. Nadjmuddin Ramly, MA, menjadi moderator.

PP DMI juga menghadirkan Direktur Pemberdayaan Waqaf Kemenag RI, Dr. H. Hamka Karim, dengan ceramah berjudul Strategi dan Pengelolaan Waqaf Milik Masjid di Indonesia. Dalam sesi ini, Anggota Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, Ir. H. Mu’man Diaz, menjadi moderator.

Narasumber lainnya ialah Direktur Keuangan (Finance Director) PT. Asuransi Jiwa Reliance Indonesia, seorang praktisi keuangan dan asuransi, Dody Setiabudi, SE, SH, MM, dengan judul ceramah Telaah Peranan Asuransi dalam Meningkatkan Potensi Waqaf. Dalam sesi dialog ini, hadir pula pembicara lainnya, yakni Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi.

Adapun moderator dalam sesi keempat ini ialah Tim Teknisi Akustik Masjid PP DMI, Drs. H. Aziz Muslim, yang juga dosen filsafat Islam Universitas Islam Asy-Syafi’iyah. Sesi dialog dan diskusi ini cukup istimewa karena membahas aspek legalitas asuransi dari sisi syariah Islam atau asuransi syariah.

Adapun Pembicara berikutnya yakni Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, MBA, yang juga Ketua Umum PP DMI. Dalam sesi paling istimewa dan mengejutkan dalam pelaksanaan Lokakarya Waqaf hari kedua ini, Ketua Departemen SHW PP DMI, Dr. Nadjamuddin Ramly, MA, kembali menjadi moderator.

Dalam kegatan hari kedua di Masjid Istiqlal ini, hadir Ketua Bidang SHW PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Ketua  Bidang Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan SDM PP DMI, Drs. H.R. Maulany, SH, dan Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida. Hadir pula beberapa calon pengurus Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI.

Kegiatan lokakarya waqaf ini juga didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Badan Waqaf Indonesia (BWI), Kementerian Agama, dan Kementerian ATR/ BPN. Peserta pun tampak antusias mengikuti kegiatan Lokakarya Waqaf hari pertama ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani