DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerima kunjungan 12 orang tamu mahasiswa dan tiga orang pembina dari Amerika Serikat (AS), pada Ahad (21/6) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Mereka sengaja datang ke Indonesia untuk menemui pengurus PP PRIMA-DMI sekaligus berkunjung ke masjid terbesar di Asia Tenggara ini guna mengenal lebih dekat agama Islam dan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID Ketua Umum PP PRIMA-DMI, Muhammad Hanif Alusi, menyatakan bahwa Islam adalah agama yang Rahmatan lil Alamin, yakni agama yang mengajarkan tentang perdamaian dan kasih sayang kepada seluruh ummat manusia, tidak hanya untuk ummat Islam saja.

Hanif menyatakan hal itu saat menyambut rombongan mahasiswa asal AS di kantor PP DMI di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Ahad (21/6).

“Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh ummat Islam sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT, tutur Hanif.

Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 183, lanjutnya, Allah SWT berfirman: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.

Firman Allah SWT ini menjelaskan tujuan ibadah shaum di bulan Ramadhan adalah meraih ketakwaan. Namun Allah SWT juga mememberi keringanan bagi orang-orang yang sedang berpergian, sakit, dan perempuan yang haid atau nifas. Mereka tidak diwajibkan berpuasa sehingga puasa mereka bisa diganti di hari yang lain atau dengan membayar fidyah” terang Hanif. .

Apalagi, terangnya, puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tetapi juga menahan diri dari nafsu, amarah dan sifat-sifat buruk lainnya.

Menanggapi penjelasan ini, salah seorang pembina mahasiswa asal AS, Erik Lincoln, menyatakam ketertarikannya dengan ibadah shaum.

“Kami sengaja datang ke sini untuk mempelajari lebih dalam tentang Islam dan Puasa Ramadhan, pada hari ini kami sengaja ikut puasa untuk merasakan puasa” kata Erik Lincoln, pembina mahasiswa Amerika.

Selain ingin memperoleh penjelasan tentang Islam dan Puasa Ramadhan, mereka juga berkeliling Masjid Istiqlal untuk melihat umat Islam yang sedang menunaikan shalat.

Setelah puas berkeliling Masjid, rombongan mahasiswa asal AS itu pun bersiap-siap untuk berbuka puasa dengan jamaah Masjid Istiqlal lainnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani