DMI.OR.ID., TANGERANG SELATAN – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menyelengarakan Seminar dan Deklarasi Kebangsaan dengan tema Menegakkan Semangat Kebangsaan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Se-Tangsel Untuk Menangkal Radikalisme.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini diselenggarakan pada Ahad (22/10) oleh DMI Kota Tangsel dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Acara ini bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Serpong, Tangsel.

Kegiatan seminar ini diselenggarakan bersamaan dengan Musyawarah Cabang (Muscab) Pimpinan Cabang (PC) DMI Se-Tangsel serta didukung penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel. Hal ini ditandai dengan hadirnya Wali Kota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.Kn., sebagai pembicara utama (keynote speaker).

Ia juga turut aktif berikrar dan menandatangani Deklarasi Kebangsaan yang memuat lima poin penting untuk memperkuat pemahaman kebangsaan di kalangan pengurus DKM se-Tangsel. Poin pertama ialah menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Poin kedua, yakni meningkatkan pemahaman kebangsaan dan nasionalisme bagi masyarakat. Poin ketiga, yakni menolak segala bentuk radikalisme dan provokasi yang dapat merusak tatanan masyarakat. Poin keempat, ialah melakukan sinergitas dengan lintas sektoral dengan memperkokoh pilar kebangsaan.

Sedangkan poin kelima ialah senantiasa menciptakan suasana damai dan menghargai perbedaan dalam rangka menjaga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deklarasi ini ditandatangani oleh Wali Kota Tangsel dan seluruh peserta acara yang hadir, termasuk Bendahara Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dra. Hj. Dian Artida.

Deklarasi kebangsaan ini ditandatangani pada Ahad (22/10), bertepatan dengan 2 Safar 1439 Hijriah, serta bertujuan untuk menjaga kebhinekaan dan cinta damai guna mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI yang kokoh di Kota Tangsel.

Dalam kegiatan ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua PD DMI Kota Tangsel, Drs. H. Heli Slamet Soemardi, M.Si., dan hadir sejumlah narasumber lainnya dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel, PPM UIN Syarif Hidayatullah, dan DMI Kota Tangsel.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani