DMI.OR.ID, BANDA ACEH – Ribuan warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya yang mengikuti sholat Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah, Jumat (17/7) pagi, di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, menjadi saksi hidup dari peristiwa bersejarah di Republik Indonesia (RI).

Untuk pertama kalinya dalam sejarah orang nomor satu di negeri ini, Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara, Hj. Iriana Jokowi, beserta anggota keluarganya mengikuti Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Padahal sebelumnya, seluruh Presiden RI selalu sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, ibu kota negara, Jakarta, sejak Ir. H. Soekarno hingga Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Adapun imam dan khatib dalam Shilat Idul Fitri di Masjid Baiturtahman, Kota Banda Aceh ini adalah ulama fenomenal asal Saudi Arabia, Syeikh Ali Jabeer.

Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Aceh itu, Presiden Jokowi didampingi oleh ibu negara, Hj. Iriana Jokowi, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Dr. Sofyan A. Djalil, SH, MA, MALD, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Drs. H. Ferry Mursyidan Baldan.

Presiden Jokowi juga disambut oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Nagan Raya, dan Kota Banda Aceh dalam kunjungan kerja ke tiga kabupaten/ kota di Provinsi Aceh itu.

Saat melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman, Presiden Jokowi didampingi oleh Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, beserta ibu, Hj. Niazah A. Hamid, Wali Kota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, dan Wali Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Paduka Yang Mulia (PYM) Tengku H. Malik Mahmud Al-Haytar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta rombongan dari Jakarta tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Sultan Iskandar Muda, Kecamata Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, ProvinsiAceh, pada Rabu (15/7) malam, sekitar pukul 22.10 WIB. Sebelumnya, Presiden Jokowi mengikuti sholat Isya berjama’ah di Masjid Raya Baiturrahman pada Kamis (16/7), saat malam takbiran Idul Fitri.

Presiden Jokowi juga menghadiri dan melepas Pawai Takbir 1 Syawal 1436 Hijriah di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada Kamis (16/7) malam. Pawai takbir itu diikuti oleh puluhan kelompok dari remaja masjid di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Pawai takbir diawali dengan pukulan bedug dari Presiden Jokowi dengan disaksikan Wali Nanggroe Aceh, Gubernur Aceh, Wali Kota Banda Aceh, Bupati Aceh Barat, H. Tengku Alaidinsyah, Bupati Aceh Besar, dan Bupati Nagan Raya, Drs. H. Tengku Zulkarnaini, serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden Jokowi  dan ibu negara beserta sejumlah menteri telah mengunjungi beberapa masjid di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya.

Misalnya, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk sholat dzuhur berjama’ah di Masjid Babussalam, Kecamatan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, pada Kamis (16/7) siang.

Beberapa masjid lainnya juga dikunjungi Presiden Jokowi, ibu negara serta sejumlah menteri pada Kamis (16/7), yakni Masjid Al Istiqomah di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, dan Masjid Nurul Huda di kompleks Kuala Baro, Desa Padang Rubek, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.

Rombongan Presiden Jokowi pun mengunjungi Kampung Nelayan di Desa Kuala Bubun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Presiden Jokowi berkunjung ke dua masjid dan satu kampyng nelayan itu untuk bersilaturrahim dengan para ulama dan tokoh masyarakat sekaligus membagi-bagikan bantuan sembako sebanyak 2.000 paket, pakaian, buku dan alat tulis kepada warga sekitar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta ibu negara dan para menteri mendarat di Bandara Cut Nyak Dhien di kawasan Kubang Gajah, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya pada Kamis (16/7) pagi, sekitar Pukul 10.15 WIB.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Diolah dari berbagai sumber, seperti: antaranews.com/ setkab.go.id/ republika.co.id.