DMI.OR.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Ahmad Arafat Aminullah, S.T.,  telah memberikan sambutan akhir dalam Penutupan Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI pada Ahad (12/5) malam di Jakarta, bertepatan dengan 7 Ramadhan 1440 Hijriah.

Raker PP PRIMA DMI ini mengangkat tema Tata Administrasi, Penguatan Organisasi dan Perumusan Program Kerja PP PRIMA DMI dan berlangsung sejak Sabtu (11/5) hingga Ahad (12/5) malam.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Ketua PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Ketua Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI, Ir. H. Ahmad Sugiarto, M.M., dan Sekretaris Jenderal PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A.

Hadir pula Ketua Umum Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia (P3DI), Dr. Sri Sundari, S.H., M.M., sebagai narasumber, serta rekan-rekan dari International Peace Youth Group (IPYG).

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, dalam sambutannya Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., menyatakan bahwa kegiatan Raker PP PRIMA DMI ini menjadi agenda strategis untuk menentukan arah kebijakan organisasi.

“Raker PP PRIMA DMI ini bertujuan untuk menguatkan konsolidasi dan mekanisasi organisasi, juga membangun fondasi organisasi secara administratif, demi terbangunnya organisasi PRIMA yang siap berkhidmat untuk umat,” tuturnya.

PRIMA DMI , lanjutnya, akan ikut ambil bagian, secara aktif, dalam mewujudkan visi besar Ketua Umum PP DMI, Bapak Muhammad Jusuf Kalla, yakni: “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid”.

Menurutnya, kegiatan Rakerpim ini juga secara konkrit dapat merumuskan agenda-agenda organisasi selanjutnya, seperti menentukan bentuk dan fokus program-program unggulan PRIMA DMI selanjutnya.

Program-program unggulan itu akan dilaksanakan dalam periode kepengurusan PRIMA DMI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Ahmad Arafat. Khususnya setelah melalui proses pengkajian dan diskusi bersama tokoh-tokoh senior DMI dan para pakar terkait.

Program-program unggulan itu juga akan melewati analisis potensi, analisis situasional serta melihat program unggulan yang ada di DMI. “Selaras dengan hal itu, PRIMA DMI memilih berfokus pada tiga orientasi program, yaitu Pembinaan dan Pengkaderan, Ekonomi Kemasjidan, dan Digitalisasi,” tutur Arafat dalam pidato penutupan.

“Kami ingin membuat standar pembinaan kaderisasi dan latihan kepemimpinan bagi remaja masjid, sebagai cikal bakal pemimpin umat dan bangsa di masa depan, Insya Allah di periode kepengurusan ini, PRIMA DMI bertekad untuk menciptakan 10.000 Kader Remaja Masjid yang dibina dengan sistem pengkaderan PRIMA”, jelasnya.

Menurutnya, Prima DMI juga merumuskan program-program kerja di bidang-bidang lainnya. “Misalnya menjadikan masjid sebagai basis tempat melakukan riset, literasi, pelatihan vokasi, dan membangun komunitas penggiat ekonomi dari remaja masjid, serta mendigitalkan pembinaan remaja masjid melalui aplikasi digital seperti Aplikasi DMI,” ujarnya.

Raker PP PRIMA DMI ini ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. H Syafruddin, M.Si., yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani