DMI.OR.ID, JAKARTA – Ribuan jama’ah memadati masjid Al-Mujahidin di JalanSiliwangi Nomor 1, kompleks Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, pada Ahad (5/7) siang dalam acara bertajuk Berbagi Cinta dan Kebahagian dengan 1.000 Marbot.

Acara ini diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangsel bekerjasama dengan Pemkot Tangsel dan Azka Empowering Centre.

Adapun rangkaian kegiatannya ialah Achievement Motivation Training (AMT) bertajuk Smart Empowerment Technique (SET) for 1.000 Marbot, buka puasa bersama, sholat maghrib, isya dan tarawih berjama’ah serta door prize dan pemberian bingkisan kepada 1.000 orang marbot masjid di wilayah Kota Tangsel dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, para hadirin tampak serius menyimak pemaparan materi yang diberikan oleh motivator/ trainer dari Azka, Mohamad Soleh, S.Psi, MM, CNLP. Kegiatan ini berlangsung sangat atraktif dan dinamis bagi para jama’ah.

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, MA, dan Sekretaris Bidang Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Hubungan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, H. Hery Soecipto, Lc, MM.

“Keiklasan itu berasal dari hati sehingga kita perlu menepuk dada. Tepukan dada sebelah kiri merupakan sebagian dari beberapa hal yang diajarkan dalam training 1000 marbot ini,” tutur Wali Kota Tangsel pada Ahad (5/7).

1.000 marbot masjid se-kota Tangsel dan sekitarnya juga menerima paket lebaran dari Wakil Presiden (Wapres) RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PP DMI.

Seperti dikutip dari www.republika.co.id, para marbot itu dilatih untuk menguasai dasar-dasar dari Teknik SET agar dapat membantu menyelesaikan masalah psikologis yang melanda para jamaah dalam mengoptimalkan ibadahnya.

Teknik SET didasarkan pada konsep Psikologi Islami yang diharapkan dapat membantu marbot meningkatkan kualitas ibadah serta lebih bahagia dalam menjalani profesi mereka. Training ini juga memberikan motivasi untuk menjalankan tugas dan ibadah dengan Ikhlas serta simulasi singkat Teknik SET bagi para marbot masjid itu.

Dalam simulasi Teknik SET ini, Soleh dan empat orang Tim Azka lainnya berupaya membantu mengarahkan beberapa simulasi. Para trainer juga memiliki bekal dasar keahlian SET.

SET merupakan program pemberdayaan potensi otak, jiwa dan tubuh melalui proses menghilangkan masalah-masalah psikologis yang menghambat upaya optimalisasi potensi diri dengan cara SMART (Simple, Multi Technique, Applicative, Resourceful & Time Quickly) sehingga seseorang menjadi Lebih bahagia.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani