DMI.OR.ID, JAKARTA – Sekretaris Yayasan Masjid Agung Palembang (YMAP), Ir. H. Ki Agus (Kgs). Ahmad Sarnubi, telah bersilaturrahim dan bertatap muka langsung dengan jajaran Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Selasa (4/7) siang di Kantor PP DMI, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, turut hadir Ketua PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Kepala Sekretariat PP DMI, H. Shouman Ramadhan, dan Tim Akustik DMI, H. Musfidarizal, S.E., M.M., serta Redaktur Website DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P.

Sejumlah persoalan dibahas dalam pertemuan ini, yakni kesiapan Masjid Agung Palembang sebagai destinasi (tujuan) pariwisata halal berbasis masjid dalam rangka turut aktif menyambut pesta olah raga terbesar di benua Asia, Asian Games, pada 2018 mendatang.

“Insya Allah, Masjid Agung Palembang siap menjadi destinasi pariwisata halal berbasis masjid dengan target utama berupa kunjungan seluruh atlet dan official peserta Asian Games 2018 mendatang yang beragama Islam,” tutur Ki Agus Sarnubi pada Selasa (4/7) siang.

Kunjungan ini, lanjutnya, bertujuan untuk beribadah sekaligus mengenal jejak sejarah dan peradaban Islam di Kota Palembang, Bumi Sriwijaya, sejak era Kesultanan Palembang Darussalam. Para pengunjung juga dapat menikmati keindahan dan keunikan bangunan Masjid Agung Palembang.

“Melalui kunjungan ke Masjid Agung Palembang, diharapkan mereka dapat mengenal lebih dekat jejak sejarah dan peradaban Islam di Kota Palembang, Bumi Sriwijaya, sejak era Kesultanan Palembang Darussalam. Termasuk menikmati keindahan dan keunikan bangunan Masjid Agung Palembang yang dihiasi ornamen-ornamen khas Palembang,” ungkap Sarnubi.

Menanggapi hal ini, Ustaz Natsir Zubaidi menyatakan dukungannya dan meminta pengurus YMAP untuk turut aktif dalam simposium nasional tentang Destinasi Pariwisata Halal Berbasis Masjid yang rencananya akan diselenggarakan oleh DMI dan Kementerian Parwisata (Kemenpar) RI pada akhir tahun 2017 nanti.

“Alhamdulilah, secara prinsipiil, DMI mendukung keinginan Masjid Agung Palembang untuk menjadi destinasi pariwisata halal berbasis masjid dalam rangka menyambut Asian Games 2018 mendatang,” tutur Natsir.

Menurutnya, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh Masjid Agung Palembang, yakni soal kebersihan, arsitektur, dan akustik Masjid Agung Palembang yang dapat diinformasikan kepada para pengunjung masjid. “Ketiga aspek ini sangat vital dalam menentukan respon dan penilaian pengunjung dan jamaah terhadap Masjid Agung Palembang,” paparnya.

“akhir tahun nanti, DMI dan Kemenpar RI akan menyelenggarakan simposium tentang pariwisata halal berbasis masjid. Mudah-mudahan perwakilan pengurus dari YMAP bisa hadir,” harapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani