DMI.OR.ID, BAGANSIAPIAPI – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hilir telah menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I pada Sabtu (10/3) hingga Ahad (11/3), bertempat di Gedung Serba Guna, Jalan Utama Bagansiapiapi, Rokan Hilir. Acara ini dirangkai dengan Silaturahmi Pengurus Masjid Se-Kabupaten Rokan Hilir.

Seperti dikutip dari laman http://wawasanriau.com, Rakerda I DMI Rokan Hilir ini juga menjadi sarana konsolidadi dengan Pimpinan Cabang (PC) DMI Kecamatan se-Rokan Hilir. Acara ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir, Muzakkar, A.M.P.

Dalam acara ini, ia juga memberikan sambutan mewakili Plt. Bupati Rokan Hilir, Drs. H. Jamiluddin. Turut hadir dan memberikan sambutan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Riau, Drs. H. Masyhuri Putra, Lc., M.A., dan Ketua PD DMI Kabupaten Rokan Hilir, H. Wazirman Yunus, S.Sos.

Dalam sambutannya, Ketua PD DMI Rokan Hilir, H. Wazirman Yunus, memaparkan beberapa program yang akan dilaksanakan PD M DMI seperti Pengobatan Rukyah secara massal dari masjid ke masjid, kegiatan Maghrib Mengaji, Koperasi Barokah DMI Rokan Hilir, wisata religius, dan pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho.

“Program ini dalam rangka menindaklanjuti program kerja dari DMI Pusat. Pertama, melakukan pengobatan Islami dengan rukyah secara massal dari masjid ke masjid, maghrib mengaji, dan membentuk koperasi dalam rangka membangkitkan ekonomi umat,” papar H. Wazirman Yunus pada Sabtu (11/3), saat memberikan sambutan.

Terkait program koperasi, lanjutnya, akan dikelola oleh Koperasi Barokah DMI Rokan HIlir. DMI akan mencoba untuk mensuplai beras ke masjid-masjid di kecamatan.

“DMI Rohil pun sudah memiliki mobil akustik Masjid, Nantinya, tim akan melakukan perbaikan terhadap sound system di setiap masjid,” jelasnya.

Menurutnya, Masjid Muhammad Chengho sudah lama diwacanakan sebagai wisata religi. “DMI akan mengupayakan pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho sebagai wisata religi di Kabupaten Rokan Hilir,” ungkapnya.

H. Wazirman Yunus pun berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan HIlir maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir dapat merealisasikan usulan DMI Rohil terkait pemberian honor kepada pengurus Masjid Raya di kecamatan. “Hal ini penting agar ada tanggung jawab bagi pengurus dalam rangka memakmurkan masjid,” imbuhnya.

“Dalam rakerda nanti, akan dibahas bagaimana pengurus Masjid Raya yang ada di 18 kecamatan itu bisa diberikan honornya, minimal tiga orang diantaranya Imam, Muazin dan Cleaning Service. Hal ini bertujuan agar ada semangat dalam rangka percepatan memakmurkan masjid,” katanya.

 Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani