DMI.OR.ID, JAKARTA – Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Al-Ittihaad dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Silaturahim dan Pelatihan Manajemen Masjid Se-Jabodetabek pada Ahad (6/12), Pukul 09.00 sampai selesai, dirangkai dengan sholat Dzuhur Berjama’ah.

Kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi dan berfungsi sebagai wahana komunikasi antar pengurus DKM se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan jama’ah masjid dan para pihak terkait.

Rencananya, Kegiatan ini menghadirkan Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) DMI, Ustaz Drs. H. Ahmad Yani. Adapun Masjid Raya Al-Ittihad berlokasi di Jalan Tebet Mas Indah I, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan

Sebelumnya, Masjid Raya Al-Ittihaad juga menyelenggarakan Kajian Duha dengan tema Memahami Kerasulan Nabi Muhammad SAW dan Nabi Isa AS. Kegiatan ini akan diseleggarkan pada Ahad (6/12), dari Pukul 07.30-09.00 WIB dengan menghadirkan Ustaz H. Ihsan Mokoginta, seorang mu’alaf yang juga mantan pendeta Kristen.

Pada saat yang sama, Masjid Jenderal Sudirman juga akan menyelenggarakan kegiatan sosial bertajuk Khitanan Massal 2015 pada Ahad (20/12), sejak Pukul 07.30-11.30 WIB, dengan jumlah peserta 60 anak.

Guna menyukseskan acara ini, panitia acara menyediakan donasi jama’ah dalam beberapa paket donasi, yakni Paket Penuh senilai Rp 900 ribu, Paket 1/3 senilai Rp 300 ribu, dan Donasi Sukarela.

Sementara di Kota Depok, Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pondok Pesantren/ Sekolah Tinggi Kuliyyatul Qur’an (STKQ) Al-Hikam menyelenggarakan Kajian Hadits Birriwayah bertajuk Pembacaan Kitab Shohih Muslim.

Kitab ini diriwiyatkan oleh Musnid Dunya Al-Allamah Syaikh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa al-Fadany al-Makky. Beliau adalah ulama Tanah Haram (Makkah) asal Padang, Sumatera Barat.

Kajian Kitab Shohih Muslim ini disampaikan oleh KH. Ahmad Dahlan Marwazie, alumnus Darul Ulum Makkah yang juga murid Syaikh Yasin al-Fadany. Acara ini berlangsung rutin setiap Ahad pagi, tepatnya sejak Ahad (25/10) lalu.

Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Ibadah Masjid Al-Hikam, Jalan H. Amat Nmor 21, Kukusan, Beji, Depok.

Kegiatan serupa juga diselenggarakan oleh DKM Masjid Raya Pondok Indah (MRPI) setiap Sabtu, pukul 07.00 – 08.30 WIB, bertajuk Kuliah Dhuha Kang Rashied. Kegiatan ini menghadirkan ulama fenomenal asal Tasikmalaya, Kang Rashied, sebagai penceramah.

Maraknya berbagai kegiatan syiar dan dakwah Islam di wilayah Jabodetabek ini tentu patut kita dukung dan syukuri. Bak jamur di musim hujan, kegiatan-kegiatan ini cukup semarak, tumbuh dan berkembang pesat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani