DMI.OR.ID, MEKAH – Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menyelenggarakan silaturahmi pengurus di Hotel Daarut Tauhid – Intercontinental, Mekah al-Mukarramah, Kerajaan Arab Saudi, pada Jumat  (2/3) waktu Arab Saudi. Silaturahmi ini dipandu langsung oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Drs. H. Syafruddin, M.Si.

Silaturahmi ini diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan Umrah Bersama Pimpinan Pusat (PP) Harian DMI di kota suci Makkah al Mukarramah dan Madinah al Munawwarah yang berlangsung sejak Kamis (1/3) hingga Kamis (8/3).

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, silaturahmi ini dipimpin langsung oleh Komjen Pol. Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) dan baru saja pulang dari Kabul, Afghanistan. Ia turut mendampingi Ketua Umum PP DMI, Dr. (H.C.) H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Wakil Presiden (Wapres) RI.

Sejumlah hal turut dibahas dalam pertemuan ini, antara lain rencana Konferensi Tripartit Ulama yang melibatkan para ulama dari tiga negara, yakni Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan. Konferensi ini akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia, dan melibatkan DMI sebagai tim penyelenggara bersama elemen-elemen organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam lainnya.

Selain itu, turut dibahas program-program DMI lainnya seperti program Wisata Religi Berbasis Masjid, dan Pemberdayaan EKonomi Berbasis Masjid. Turut dibahas perkembangan kondisi masjid dan dakwah Islam terkini di Pulau Kalimantan, Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan akrab itu juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., dan sekretaris-sekretaris PP DMI, yakni Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, M.Si., dan dr. Ivan Rovian, M.K.P.

Turut hadir jajaran Ketua PP DMI, yakni Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Drs. H. Andi Mappaganty, M.M., Drs. KH. Ahmad Bagdja, dan K.H. Abdul Manan A. Ghani, serta Dr. Hj. Maria Ulfah Anshor, M.Si.

Hadir pula Bendahara Umum PP DMI, Dr. H. Machfud Sidik, M.Sc., Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, dan Direktur Program PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A., serta anggota Departemen Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Luar Negeri PP DMI, yakni Drs. K.H. Amiruddin Sabil., dan Drs. H. Baharuddin Tanriwali, M.Si.

Image may contain: 6 people, including Satrio Lelaku, people smiling, night

Hadir juga anggota Departemen Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan PP DMI, H. Halid Umar Bakadam, dan anggota Departemen Sosial, Kemanusiaan, dan Penanggulangan Bencana (Pos Tanggap Bencana/ Postaben) PP DMI,  Drs. H. A. Munir HD, M.M., serta Kepala Sekretariat PP DMI, H. Shouman Ramadhan, dan staf-staf sekretariat PP DMI, Drs. Slamet, dan Makhrus.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani.