DMI.OR.ID, DENPASAR – Tim Implementasi Aplikasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah memperkenalkan tata cara penggunaan aplikasi ini kepada para Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Bali pada Kamis (18/5), bertempat di Kota Wisata Denpasar, Bali.

Pemateri dari Tim Implementasi Aplikasi DMI, Agung Dwiputro, menyatakan bahwa kegiatan Diskusi Pengenalan Aplikasi Online (Android) DMI ini dihadiri oleh 20 jajaran PW DMI Bali, termasuk Sekretaris PW DMI Bali, H. Saifuddin.

“Sebagai salah satu tujuan wisata, Bali sering dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai bangsa, suku, dan agama. Bagi wisatwan yang beragama Islam, kebutuhan informasi mengenai lokasi tempat ibadah merupakan kebutuhan utama, termasuk jadwal sholat dan arah kiblat. Aplikasi Online DMI merupakan solusi tepat bagi kebutuhan informasi itu,” tutur Agung pada Kamis (18/5).

Dalam rilisny kepada DMI.OR.ID, Sabtu (19/5), Agung juga menyampaian bahwa Tim Implementasi Aplikasi DMI telah menjelaskan secara detail tentang fitiur-fitur ang terdapat dalam aplikasi online DMI. “Kami juga mendemonstrasikan cara penggunaan aplikasi online DMI,” imbuhnya.

Menurutnya, jumlah masjid yang sudah terdaftar (registrasi) dalam aplikasi online DMI telah mencapai sedikitnya 200 masjid di seluruh Provinsi Bali. Peserta yang hadir juga terlihat antusias. “Mereka berdikusi dan langsung registrasi di tempat sebagai pengguna aplikasi DMI,” paparnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris PW DMI Bali, H. Saifuddin, menyatakan bahwa DMI Bali akan memperkenalkan aplikasi ini melalui forum-forum yang dilaksanakan DMI serta kepada instansi atau jawatan terkait di Bali. “Program Aplikasi Online DMI ini merupakan program DMI yang segera kami sosialisasikan di wilayah Bali,” ungkapnya.

“Harapan kami, khusus untuk wilayah Bali, aplikasi online DMI ini juga bisa mendaftarkan musholla-musholla yang ada di wilayah Bali, tidak hanya masjid. DMI Bali juga akan menambah data masjid dan da’i untuk wilayah Bali bersama-sama unit, instansi, dan jawatan terkait,” jelasnya.

Hingga saat ini, tercatat jumah masjid yang telah terdaftar di Aplikasi Online (Android) DMI berjumlah 5.422 masjid, termasuk 200 masjid yang ada di Bali.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani