DMI.OR.ID, JAKARTA – Gelaran Sayembara Desain Arsitektur Masjid (SDAM) PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang bekerjasama dengan Iakatan Arsitek Indonesia (IAI), Indonesia Syiar Network (ISN), dan PT. Telkom Indonesia, usai sudah. Hadiah untuk para pemenang pun (enam pemenang) diserahkan langsung oleh Ketum DMI yang juga Wapres Jusuf Kalla, senin lalu, di Istana Wapres.

Namun demikian, bagi Tim Sayembara, berakhirnya gelaran tersebut bukan berarti berakhir pula kegiatan yang terkait perlombaan. Ketua Tim Sayembara, Hery Sucipto, menegaskan, tim masih punya hajatan lain, yakni bagaimana mewujudkan masjid percontohan/yang menjadi pilot project, yakni Masjid Nurul Amal, Muara Gembong, Bekasi.

“Kondisi masjid sudah hampir roboh. Lokasinya yang sangat menantang dan terpencil, membuat kita juga tertantang membangun masjid baru di lokasi masjid yang mau roboh tersebut,” papar Hery.

Sekretaris Bidang Kominfo, Kerjasama Antar Lembaga dan Hubungan Luar Negeri tersebut menambahkan, memang tidak ada kewajiban dari pihak panitia untuk membangun dan mewujudkan masjid Nurul Amal. Namun demikian, kata dia, tim dan DMI secara umum mempunyai tanggungjawab moral untuk mencoba membangun masjid tersebut.

“Tim Sayembara sangat tertarik dan antusias untuk mewujudkan niat mulia tersebut. Karena itu, dalam waktu dekat akan kita lakukan langkah-langkah konkret terkait pembangunan masjid tersebut,” demikian Hery.

Tentang upaya realisasi masjid Nurul Amal, juga dipaparkan oleh Koordinator ISN, Ria Christina. Kepada DMI.OR.ID, Ria menegaskan, pihaknya akan membuat gerakan waqaf amal untuk mewujudkan pembangunan masjid.

“Bentuknya mungkin waqaf produktif dengan sistem sumbangan per-meter, dengan jumlah nominal yang akan ditentukan kemudian. Kami sangat tertantang dan akan bekerja keras mewujudkan hal tersebut. Ini kesempatan kita beramal untuk umat,” ujar wanita profesional tersebut.

Seperti diketahui, luas masjid Nurul Amal adalah 1000 meter persegi, dengan kapasitas jamaah kurang lebih 300 orang. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid hingga selesai, sesuai konsep desain hasil perlombaan diperkirakan 2.5-3 milyar.

Penulis: Samsul Muarif