DMINEWS, JAKARTA – Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional (MTN) Universitas Indonesia (UI) XIV menargetkan tim MTQ UI meraih juara tiga besar dalam acara yang akan berlangsung pada 1-8 Agustus 2015 mendatang.

Direktur Kemahasiswaan UI, Arman Nefi, S.H., M.H., yang juga Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ-MTN UI, menyatakan hal itu saat bertemu dan beraudiensi dengan Harian Umum Republika, Jum’at (8/5) sore.

“Kami menargetkan tim MTQ UI meraih juara umum tiga besar dalam ajang dua tahunan ini, tepatnya acara MTQ-MTN UI XIV nanti,” tutur Arman pada Jum’at (8/5) sore dengan penuh semangat.

Sementara Kepala Kantor Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, , Rifelly Dewi Astuti, M.M, menyatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) selama dua tahun sekali.

“Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi di tingkat nasional bagi UI yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti. Adapun pesertanya diprediksi jauh lebih banyak dari sebelumnya dan terdiri dari kampus-kampus umum (tidak berbasis agama), baik negeri maupun swasta,” tutur Rifelly.

Panitia MTQ-MTN UI, lanjutnya, akan memaksimalkan penggunaan asrama UI dan hotel-hotel di Kota Depok sebagai akomodasi atau tempat menginap bagi lebih dari 2.500 peserta dan 750 panitia/ pendamping (official) dari 120 Perguruan Tinggi (PT) umum, baik negeri maupun swasta.

Rencananya, lanjut Rifelly, seluruh peserta akan mulai berdatangan ke Kampus UI Depok sejak tanggal 30 Juli 2015 mendatang.

“Adapun tujuan umumnya ialah mensyiarkan Alquran di Kampus UI Depok dan Indonesia pada umumnya serta memperkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama peserta dan mahasiswa,” papar Rifelly.

Menurutnya, ada 14 cabang lomba yang diperlombakan dalam ajang MTQ-MTN UI XIV ini, termasuk yang terbaru adalah aplikasi desain Alquran berbasis komputer dan debat pengetahuan Alquran dalam bahasa Inggris.

“Kami juga akan membuat suasana panggung MTQ-MTN UI XIV dengan desain yang interaktif, komunikatif, dan artistik serta terbuka bagi para pelajar untuk menyaksikan kegiatan ini, khususnya dari wilayah Jabodetabek,” ungkap Rifelly.

Khususnya, lanjut Rifelly, saat upacara pembukaan (opening ceremony) berlangsung pada 1 Agustus 2015 mendatang. Terdapat pula penampilan seni budaya Islami seperti marawis, marching band Madah Bahana UI, Liga Tari Krida Budaya UI dan Orkestra UI.

“Panitia juga akan mengundang Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, dan Wakil Presiden (Wapres) RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, serta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) dalam pembukaan acara nanti,” jelas Rifelly.

Direktur Kemahasiswaan UI, Arman Nefi, menambahkan MTQ-MTN XIV UI akan melibatkan 70 anggota dewan hakim yang kapasitas dan kapabilitasnya sudah teruji. Termasuk 100 panitera dalam 14 cabang yang diperlombakan.

“Kami juga akan menampilkan qari dan qariah berkaliber internasional yang akan menunjukkan kemampuannya dalam membaca Alquran. Mereka berasal dari Saudi Arabia, Yordania, malaysia, Brunei Darussalam, Iran dan Turki,” ujar Arman.

Qari dan qariah internasional itu, lanjutnya, adalah partner atau rekan-rekan dari Keta Dewan Hakim Internasional, Dr. H. Said Agil husin Al-Munawar, MA. Kegatan ini juga bertujuan menghidupkan dan menyemarakkan syiar Agama Islam di kampus-kampus umum, khususnya di UI.

“Melalui acara ini, kami ingin memancing para mahasiswa itu agar semakin mendekatkan diri kepada Alqur’an disamping memiliki basis keilmuan umum lainnya. Jadi, ilmu umum apapun yang dipelajari oleh mahasiswa memiliki landasan di dalam Alquran,” ungkapnya.

 

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani     `