Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=dB28uDLmLac / Kementerian PAN-RB RI

DMI.OR.ID, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI, Komisaris Jenderal (Komjen). Polisi (Pol). Purn. Drs. H. Syafruddin, M.Si., telah memberikan Kuliah Umum di Lantai 3, Gedung Institute for Advancement of Science Technology and Humanity (IASTH), Kampus Universitas Indonesia (UI), Salemba, pada Selasa (24/9) siang.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, Kuliah Umum Menteri PAN-RB ini mengangkat tema seputar Digitalisasi Data dan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Kaitannya dalam Reformasi Birokrasi. Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Kajian Ilmu Kepolisian, Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI pada Pukul 13:00 – 15:00, Selasa (24/9) siang.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur SKSG UI, Dr. H. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., yang juga memberikan kata sambutan. Sedangkan moderator dalam Kuliah Umum ini ialah Wakil Direktur SKSG UI, Athor Subroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., yang juga Ketua Panitia Kuliah Umum. Adapun pembaca do’a ialah Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Sekretaris Panitia.

Di akhir acara, Ketua Prodi KIK, SKSG UI, Dr. H. Abdul Muta’ali, M.A., M.I.P., memberikan plakat kepada Menteri PAN-RB, H. Syafruddin, yang juga Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia itu. Turut hadir dan memberikan pertanyaan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A. Beliau mendampingi Waketum PP DMI dalam acara ini.

Turut hadir dan memberikan pertanyaan Ketua Ikatan Alumni Program Pascasarjana (PPs) UI, Dr. Audrey Gamaliel Dotulong Tangkudung, M.SI. Acara ini dihadiri oleh sekitar 80 peserta yang terdiri dari dosen, pegawai dan alumni, serta sivitas akademika SKSG UI lainnya.

Sejumlah problematika nasional dan global menjadi pokok bahasan penting dalam kuliah umum ini. Seperti revolusi industri 4.0, big data, teknologi digital, kecerdasan buatan (artificial intelligence), informasi digital terpadu, reformasi birokrasi, kinerja ASN, daya saing Indonesia, dan pelayanan publik, serta situasi global terkini.

Berdasarkan draft Kuliah Umum Menteri PAN-RB RI yang diterima oleh DMI.OR.ID pada Rabu (3/10), H. Syafruddin memaparkan materi tentang keterkaitan antara digitalisasi data sebagai bentuk kemajuan teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0 dengan kinerja ASN secara umum di seluruh wilayah Indonesia.

“Tujuan dari digitalisasi data terhadap kinerja ASN di era revolusi industri 4.0 ialah tercapainya reformasi birokrasi di Indonesia secara efektif dan efisien,” tutur H. Syafruddin yang juga Wakil Ketua Umum PP DMI itu pada Selasa (24/9) siang.

Dalam pembahasannya, Menteri PAN-RB juga membandingkan upaya pemerintah RI dalam melakukan reformasi birokrasi di Indonesia dengan dinamika global dan isu-isu strategis terkini. Khususnya upaya transformasi aparat sipil yang dilakukan oleh sejumlah negara berpengaruh di dunia.

“Reformasi birokrasi di Indonesia juga terkait erat dengan isu-isu Megatrends Global yang dihadapi oleh para aparat sipil global. Megatrends global identik dengan evolusi, perubahan, dan ketidakpastian global yang menjadi tantangan serius bagi pemerintah dan aparatur sipil di berbagai negara, termasuk Indonesia,” jelasnya.

Sejumlah teori ilmiah dan pendapat pakar yang terkait erat dengan isu-isu megatrends global juga dibahas oleh Menteri PAN-RB. “Seperti teori Clash of Civilization yang dicetuskan oleh Samuel Huntington,” imbuhnya.

Tokoh Republika Tahun 2017 itu juga membahas pemikiran Noam Chomsky yang tertulis dalam magnum opus-nya, Who Rules The World?, pemikiran Immanuel Wallerstein tentang The Modern World System dan teori The Finite and Infinite Game yang dicetuskan oleh Simon Sinek serta pemikiran Michael Barber tentang Kodifikasi Pelayanan Publik dalam Tiga Paradigma.

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) 2016-2018 itu pun beruoaya membuat sintesa antara kelima paradigma global yang berbeda itu dengan upaya reformasi birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah RI selama 11 tahun terakhir, sejak 2008. Khususnya upaya reformasi birokrasi terhadap kinerja ASN dalam Visi Indonesia Maju yang telah dicetuskan oleh pemerintah RI.

Berikut ini adalah video pemaparan Kuliah Umum oleh Menteri PAN-RB RI di Kampus UI Salemba, Jakarta, pada Selasa (24/9) siang. Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani