Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=zoGyU-PqR8Q / Tawaf TV

DMI.OR.ID, DEPOK – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) 2014 – 2019, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., telah berkunjung ke lokasi proyek pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Selasa (15/10).

Seperti dikutip dari laman https://republika.co.id/, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu hadir didampingi oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI 2014-2019.

Dalam kunjungan kerja terakhir Wapres Jusuf Kalla ini, turut hadir Ketua PP DMI, H. Rudiantara, S.Stat., M.B.A., yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI 2014-2019, Menteri Luar Negeri RI 2014-2019, Dra. Hj. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M., serta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Prof. H. Mohammad Nasir, M.Si., Ph.D., Ak.

Hadir pula Rektor UIII, Prof. Dr. H. Komaruddin Hidayat, dan sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat yang akan bekerja sama dalam proses pembangunan Kampus UIII pada tahun 2020. Antara lain Dubes Amerika Serikat (AS) untuk RI, H.E. Joseph R. Donovan Jr dan Dubes Kerajaan Arab Saudi (KAS) untuk RI, H.E. Esam A. Abid Althagafi.

Turut hadir Dubes Republik Turki untuk RI, H.E. Mahmud Erol Kilic, Dubes Kerajaan Inggris untuk RI dan Timor Leste, H.E. Owen Jenkins, Dubes Australia untuk RI, H.E. Gary Quinlan, Dubes Qatar untuk RI, H.E. Ahmad Bin Jassim Mohammed Ali Al-Hamar, dan Duta Besar Jepang untuk RI, H.E. Masafumi Ishii, serta Dubes Oman untuk RI, Sayyid Nazar bin al-Julanda bin Majid al-Said.

Wapres Jusuf Kalla pun meninjau tiga titik proyek pembangunan di Kampus UIII. Titik pertama yang dikunjungi Wapres Jusuf Kalla ialah lokasi konstruksi pembangunan perumahan dosen, asrama mahasiswa dan rehabilitasi bangunan Mechanical, Electrical, and Plumbing (MEP) atau eks gedung Radio Republik Indonesia (RRI) di Kampus UIII.

“Rencananya, akan dibangun 224 kamar untuk mahasiswa nondifable (umum) dan 16 kamar untuk penyandang disabilitas pada bangunan seluas 12.532,96 meter persehi ini,” tutur Wapres Jusuf Kalla pada Selasa (15/10), kepada para duta besar yang hadir.

Adapun konstruksi perumahan dosen dan asrama mahasiswa, lanjutnya, dibangun oleh PT. Wijaya Karya dengan nilai proyek sekitar Rp 154,3 miliar.

“Ini rencana kami, semua kamar ada dalam satu tower, dan ini masih dalam progres, totalnya 64 persen, tapi ini (asrama mahasiswa) sudah hampir 70 persen komplit,” paparnya.

Kemudian Wapres Jusuf Kalla mengajak para duta besar untuk mengunjungi titik kedua, yakni lokasi proyek pembangunan pagar keliling dan infrastruktur di kawasan Kampus UIII yang dibangun oleh PT. Brantas Abipraya. “Rencananya, akan dibangun pagar sepanjang 3.159,49 meter dan trase jalan sepanjang 2.360,33 meter,” imbuhnya.

Adapun titik ketiga yang dikunjungi oleh Wapres Jusuf Kalla ialah lokasi proyek pembangunan gedung rektorat, gedung fakultas, dan kawasan tiga pikar kampus UIII. Konstruksi untuk proyek ini dibangun oleh PT. Waskita.

“Kita juga akan bangun gedung rektorat seluas 2.344 meter persegi dan gedung fakultas seluas 4.889 meter persegi. Saya berharap para duta besar dapat mensosialisasikan kampus UIII di negara masing-masing,” ungkap Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu.

Menurutnya, terdapat banyak kemajuan dalam proses pembangunan Kampus UIII yang berlokasi di gedung bekas lahan pemancar RRI itu.

“Saya yakin, Kampus UIII sudah bisa beroperasi pada tahun 2021. Walaupun di sini masih masalah lahannya, sudah pembayaran mulai. Ini bangunan bisa lanjut semuanya. Jadi kita harapkan 2021 semua bisa selesai,” jelasnya.

Wapres Jusuf Kalla pun mengungkapkan respon baik para duta besar terhadap pembangunan kampus UIII di Cimanggis, Kota Depok. Harapannya, ada kerja sama lanjutan dengan negara-negara sahabat tersebut bagi para mahasiswa dan dosen UIII.

“Kita minta kerja sama dalam hal ahli-ahli, dalam hal bahasa, dan dalam pengiriman mahasiswa,” tutur Wapres Jusuf Kalla.

Berikut ini adalah video kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke lokasi pembangunan Gedung UIII bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja dan para dubes yang akan diajak bekerjasama denghan UIII. Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani