Sumber: Sekretariat Wapres RI, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) RI / https://www.youtube.com/watch?v=BiMv0versYE&t=916s

DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, telah menyelenggarakan kegiatan Buka Puasa (Ifthar) Bersama dengan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Senin (20/5) di Istana Wapres RI, Jakarta.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, acara ini dibuka oleh penyampaian Rencana Aksi Nasional (RAN) Sejuta Masjid Ramah Anak (SEMARAK) DMI oleh Ketua PP DMI, Dr. Hj. Maria Ulfah Anshor, M.Si. Kemudian beliau memberikan Draft Rencana Aksi itu kepada Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PP DMI.

Dalam RAN SEMARAK itu, hal terpenting ialah kerja sama strategis antara DMI dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), serta Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Khususnya dalam mewujudkan program percontohan (pilot project) Masjid Ramah Anak di 10 masjid di 10 Provinsi. Wapres Kalla pun menyambut baik dan mendukung penuh rencana aksi Gernas Semarak DMI.

Dalam sambutannya, Wapres Kalla menyatakan bahwa masjid harus menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi anak-anak, remaja, perempuan, dan dewasa. “Hal ini menjadi bagian dari visi besar DMI, yakni Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid,” paparnya.

“Terima kasih kepada Pak Mendikbud yang telah mendukung fasilitas 4.000 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di masjid-masjid di Indonesia. Di masjid itu, ada waktu kosong dari kegiatan ibadah sejak pagi hingga dzuhur. Kekosongan waktu itu kita isi dengan PAUD berbasis masjid,” tutur Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu.

Wapres Kalla pun mengenang masa kecilnya, saat usia Sekolah Dasar, sewaktu tinggal di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Saat itu, waktu sholat tarawih di bulan Ramadhan, saya sambil bermain dan ketawa saat sholat. Lalu datang bilal (muadzin) masjid dan langsung menjewer telinga saya. Itu menjadi kenangan yang tidak terlupakan sampai sekarang,” jelasnya.

Lalu, acara diisi dengan pemberian mauizhotil hasanah (ceramah agama) oleh Prof. Dr. Anre Gurutta H. Muhammad Quraish Shihab, M.A., hingga waktu adzan maghrib dan berbuka puasa tiba. Acara ini dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Beberapa diantaranya ialah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI, Drs. H. Syafruddin, M.Si.,  yang juga Wakil Ketua Umum PP DMI. Hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof. Dr. H. Muhajir Effendy, M.A.P., Menteri Agama (Menag) RI, Drs. H. Lukman Hakim Syaifuddin.

Hadir pula Menteri PPPA RI, Prof. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, M.A., Ph.D., serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Dr. H. Sofyan Abdul Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D., yang juga Ketua PP DMI.

Berikut ini adalah video pe;uncuran Ragernas Semarak oleh Wapres Jusuf Kalla yang dirangka dengan Ifthar (buka puasa bersama) dengan jajaran PP DMI dan Dewan Pimpinan MUI Pusat. Semoga bermanfaat. Selamat menyaksikan.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani