Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=NDYX0YrCOHQ / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol.) Purnawirawan (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., telah menginstruksikan kepada seluruh pengurus Pimpinan Wilayah (PW) DMI dan pengurus masjid di Indonesia untuk mempersiapkan masjid sebagai tempat logistik dan dapur umum.

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=NDYX0YrCOHQ / Tawaf TV, Waketum PP DMI memberikan instruksi itu pada Jumat (17/4) siang, dalam rapat virtual (konferensi video) bersama para pengurus PW DMI se-Indonesia.

“Untuk membantu pemerintah menangani wabah Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di bulan Ramadhan, kami menginstruksikan seluruh PW DMI dan pengurus masjid di seluruh Indonesia untuk mempersiapkan masjid sebagai tempat logistik dan dapur umum,” tutur H. Syafruddin, M.Si., pada Jumat (17/4) siang.

Khususnya, lanjut H. Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) 2018-2019, jika terjadi situasi yang semakin buruk di tengah pandemi COVID-19 akibat virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) – Corona Virus (CoV) -2.

H. Syafruddin memimpin rapat Video Konferensi ini dari Kantor PP DMI di Jalan Jenggala I, Kecaatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel).

“Tentu kita tidak harapkan. Tapi kalau terjadi situasi yang semakin kurang baik, karena kita memperhatikan kondisi masyarakat sekarang semakin kekurangan, dari aspek logistik, ketersediaan bahan pangan, yang berujung kepada isi perut masyarakat, terutama di golongan bawah, tentu DMI perlu mengantisipasi itu,” ujarnya.

H. Syafruddin pun menyarakan agar segenap pengurus PW DMI di seluruh Indonesia, termasuk Pimpinan Daerah (PD) DMI di kabupaten dan kota, bahkan hingga Pimpinan Cabang (PC) DMI di tingkat kecamatan, unutk mempersiapkan masjid menjadi tempat logistik seperti saat terjadi bencana alam selama ini.

“Selama ini, jika ada bencana banjir, gempa bumi, dan bencana alam lainnya, masjid selalu menjadi tempat penampungan logistik,” ungkapnya.

Dalam video konferensi ini, H. Syafruddin didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Dr. H. Imam Addaruquthni, M.A., Bendahara PP DMI, Drs. H. Tatang HIdayat, yang juga Ketua Tim Nasional (Timnas) Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI, dan Ketua PW DMi Provinsi Jawa Timur (Jatim), Drs. H, Muhamad Roziqi, M.M.

Berikut ini adalah video pertemuan antrara PP DMI dengan PW DMI se-Indonesia dalam rapat virtual (konferensi video) pada Jumat (17/4), seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=NDYX0YrCOHQ / Tawaf TV. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Anggota Timnas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI