Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=LOOtDOv1dnI / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol.) Purnawirawan (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., telah meresmikan Posko Dapur Umat yang berlokasi di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, pada Rabu (22/4).

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=LOOtDOv1dnI / Tawaf TV, kegiatan sosial ini diselenggarakan oleh Tim Nasional (Timnas) Pencegahan dan Penanggulangan (Cekal) Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) DMI dan Pimpinan WIlayah (PW) DMI Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta bekerja sama dengan Badan Manajemen Masjid Raya JIC.

Kegiatan sosial ini juga diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serta mengusung slogan # Pemuda Remaja Masjid Bergerak. Sesuai dengan slogan ini, Posko Dapur Umat juga melibatkan Perhimpunan Remaja Mssjid (PRIMA) DMI, serta Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Organisasi lain yang terlibat dan turut mendukung Posko Dapur Umat ialah Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) serta Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF).

Dalam acara peresmian ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi, yang juga Sekretaris Departemen Dakwah, Ukhuwwah dan Sumber Daya Keumatan PP DMI.

Hadir pula Wakil Ketua Timnas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19, drg. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.K.M., yang juga Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, serta Ketua PW PRIMA DMI Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Farhan.

Seperti dikutip dari laman https://republika.co.id/, Waketum PP DMI, H. Syafruddin, menyatakan dalam sambutannya bahwa Posko Dapur Umat di Masjid Raya JIC ini bertujuan untuk membantu dalam penanggulangan penyebaran wabah COVID-19 di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

“Yang paling banyak terdampak wabah COVID-19 adalah umat Islam. Maka, seharusnyalah masjid sebagai pusat keagamaan juga menjadi pusat penanganan penyebaran Covid-19,” tutur H. Syafrudin dalam siaran pers pada Rabu (22/4).

Saat mengunjungi dapur umat ini, H. Syafrudin juga berharap agar masjid-masjid lainnya di seluruh Indonesia bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saya berharap tidak hanya di masjid JIC, tetapi masjid-masjid di seluruh Indonesia. Karena pengurus masjid adalah insan-insan beriman, pasti kepercayaan umat lebih tinggi dari institusi lainnya” papar H. Syafrudin dalam sambutannya.

Rencananya, lanjut H. Syafruddin, kegiatan Posko Dapur Umat ini akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari Rabu (22/4) hingga Rabu (20/5) memdatang. Setiap hari, Poko Dapur Umat ini akan menyediakan 100 sampai 1000 boks makanan siap saji.

“Makanan siap saji ini akan diberikan kepada mereka yang berhak berdasarkan usulan dari Badan Managemen Masjid Raya JIC,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Anggota Timnas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI