Sumber: Tawaf TV / https://www.youtube.com/watch?v=PYLS77q0zhU&t=50s

DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komisaris Jenderal (Komjen) Purnawirawan (Purn). Polisi Drs. H. Syafruddin, M.Si., telah membuka secara resmi kegiatan Bersih-Bersih Masjid pada Ahad (28/4) di Masjid Al-Mabrur, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Kegiatan ini mengangkat tema Masjid Bersih, Rumah Bersih, Cerminan Hati Bersih. Acara ini diseleggarakan oleh DMI bekerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam – Kementerian Agama (Kemenag) RI dan PT. Unilever, Tbk.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini menandai dimulainya kegiatan Bersih-Bersih Masjid secara serempak di 2.130 masjid yang tersebar di 13 kota di Pulau Jawa. Program ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Selain itu, terdapat tiga produk alat pembersih masjid produksi PT. Unilever, Tbk yang digunakan dalam program ini, yakni WipolVixal, dan Super Pell. Lalu di setiap masjid, terdapat sekitar 20 orang relawan petugas kebersihan masjid. Jadi terdapat lebih dari 42.600 relawan petugas kebersihan masjid yang terlibat dalam program ini.

Seperti dikutip dari laman https://www.republika.co.id/, dalam sambutannya H. Syafruddin menyatakan bahwa kegiatan Bersih-Bersih Masjid ini diselenggarakan untuk menyambut datangnya Bula Suci Ramadhan 1440 Hijriah.

“Dalam rangka menyambut Ramadhan, DMI bersama Kemenag dan organisasi Islam telah menyelenggarakan program rutin membersihkan masjid. Itu termasuk salah satu program unggulan DMI. Kegiatan bersih-bersih masjid tahun ini mendapat dukungan dari Unilever,” tutur H. Syafruddin pada Ahad (28/4).

Kegiatan bersih-bersih masjid ini, lanjutnya, dilakukkan secara serentak di 2.130 masjid. Berdasarkan laporan yang diterima DMI, dalam waktu satu bulan terakhir (April 2019) terdapat sekitar 20 ribu masjid yang melakukan bersih-bersih.

“Mereka, para pengurus masjid dan remaja masjid, telah membersihkan masjid dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Tetapi pada hari ini, masjid yang dibersihkan secara serentak sebanyak 2.130 masjid,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih masjid yang dipelopori DMI ini akan memperoleh penghargaan atau rekor dari MURI pada Selasa (30/4). “Penghargaan itu diberikan untuk kegiatan bersih-bersih masjid serempak di 2.130 masjid pada Ahad (28/4),” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir dan memberikan sambutan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag., serta Ketua PP DMI, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M.

Hadir pula Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A., Direktur Program PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), H. Said Aldi Al Idrus, S.E.

Berikut ini adalah video peresmian kegiatan Bersih-Bersih MAsjid secara serentak di 2.130 masjid oleh Waketum PP DMI, H. Syafruddin. Selamat meyaksikan.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani