Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5mE2hXz5Ku4 / Tawaf TV

DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Syafruddin, M.Si., telah menyalurkan bantuan berupa cairan pembersih dan alat penyemprotan disinfektan (karbol) kepada Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Jawa Timur (Jatim). Prosesi penyerahan ini diterima langsung oleh Ketua PW DMI Provinsi Jatim, Drs. H, Muhamad Roziqi, M.M.

Seperti dilansir dari laman https://www.youtube.com/watch?v=5mE2hXz5Ku4 / Tawaf TV, bantuan ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) pada masjid-masjid di seluruh wilayah Jatim. Khususnya dengan cara membersihkan masjid-masjid dengan karbol dan cairan disinfektan.

Dalam acara serah terima ini, Jumat (17/4) siang, turut hadir dan mendampingi Waketum PP DMI ialah Ketua Tim Nasional (Timnas) Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI, Drs. H. Tatang Hidayat, yang juga Bendahara PP DMI. Acara berlangsung di Kantor PP DMI, Jalan Jenggala I, Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Hadir pula Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Dr. H. Imam Addaruquthni, M.A., dalam prosesi penyerahan bantuan cairan pembersih dan alat penyemprot disinfektan ini.

Dalam sambutannya, Ketua PW DMI Provinsi Jatim, H. Muhammad Roziqi, menyatakan bahwa bantuan cairan pembersih dan alat penyemprotan disinfektan ini akan didistribusikan ke lebih dari 42 ribu masjid yang ada di kabupaten dan kota di seluruh Jatim. “Ada kebiasaan untuk melakukan kebersihan,” ungkap H. Muhammad Roziqi.

Jadi, ungkapnya, dengan adanya bantuan ini, dengan pandemi COVID-19, tentu akan mendorong bagi semua masjid, khususnya di Jatim, dan umumnya di seluruh Indonesia, menjadi masjid yang bersih. “Menjadi masjid yang paling tidak, jama’ahnya itu menjadi jama’ah yang senang karena suasananya bersih,” tutur H. Muhammad Roziqi.

Ketua PW DMI Provinsi Jatim itu pun menegaskan bahwa kebersihan merupakan suatu ajaran penting di dalam agama Islam. “An-Nadhafatu Minal Iman, bahwa kebersihan itu sebagian daripada iman, insya Allah manfaatnya sangat besar,” paparnya.

Mudah-mudahan, lanjutnya, sambil upaya secara lahiriah, mereka (pengurus dan jama’ah masjid) kita minta untuk selalu berdo’a dan membaca qunut nazilah. “Tujuannya agar wabah COVID-19 ini segera diambil kembali oleh Allah Yang Maha Kuasa. Di samping usaha lahiriyah, juga usaha bathiniyah,” ungkap H. Muhammad Roziqi.

Selain itu, H. Muhammad Roziqi juga berharap agar wabah COVID-19 ini segera berlalu dari Indoensia agar umat Islam dapat kembali beribadah dan beraktivitas di masjid-masjid.

Berikut ini adalah video proses penyerahan cairan pembersih dan alat penyemprotan disinfektan dari PP DMI kepada PW DMI Provinsi Jatim pada Jumat (17/4) siang, seperti dikutip dari laman Tawaf TV/ https://www.youtube.com/watch?v=5mE2hXz5Ku4. Selamat menyaksikan, semoga bermnafaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Anggota Tim Nasional Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI