Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=WlnHbNk6Cl8 / Tawaf TV

DMI.OR.ID, SURABAYA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bertekad untuk mewujudkan Indonesia unggul dengan cara memakmurkan masjid dalam berbagai bidang. Termasuk meningkatkan kualitas sound system atau akustik masjid.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., yang juga Ketua Umum PP DMI, menyatakan hal itu pada  pada Kamis (3/10) siang. Tepatnya saat memberikan kata sambutan dalam acara Pelantikan Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Jawa Timur (Jatim) Periode 2018-2023 di Islamic Centre Surabaya, Kota Surabaya, Jatim.

“Memperbaiki sound system masjid itu karena 80 persen waktu kita di masjid itu mendengarkan. Bisa mendengarkan pengajian, khotbah, ceramah, laporan keuangan. Ibadah dan doa baru 20 persen. Jadi sound system merupakan komponen penting,” tutur Wapres Kalla pada Kamis (3/10) siang, seperti dikutip dari laman https://news.detik.com/.

Menurutnya, Jatim merupakan salah satu provinsi dengan jumlah masjid terbanyak di Indonesia. Ia pun mendukung langkah-langkah Gubernur Jatim, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., untuk memakmurkan masjid dalam program Jatim Berkah.

“Tujuan kita memakmurkan masjid. Agar masjid makmur, Indonesia unggul. Saya tentu juga mengakui provinsi yang paling banyak masjidnya itu Jawa Timur,” paparnya.

Seperti dikutip dari laman https://beritajatim.com, Wapres Jusuf Kalla memperkirakan bahwa terdapat hampir satu juta masjid di seluruh Indonesia.

“Kita bersyukur kemajuan ataupun ketinggian keimanan masyarakat atau suasana peribadatan semakin tinggi, makanya masjid itu berkembang. Di sekolah, di kantor, di mal semua ada masjid. Itu menandakan bahwa tingkat keagamaan dan tingkat peribadatan kita lebih baik,” ungkapnya.

Tugas kita, lanjutnya, ialah memperbaiki masjid dan mengkoordinasi jumlah masjid. “Datanya sedang kita kumpulkan, yang tercatat ada 800 ribu masjid, namun kini sudah mendekati sejuta masjid,” ujar Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu.

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=fTpMOIQ4YD0&t=2483s / SMC Media, dalam acara ini Wapres Jusuf Kalla turut didampingi oleh Ketua PP DMI, H. Rudiantara, S.Stat., M.B.A., yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI.

Turut mendampingi Wapres Kalla ialah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., Sekretaris PP DMI, K.H. Syaifudin Nawawi, S.H., dan Gubernur Provinsi Jatim, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.SI., yang juga Pembina DMI Provinsi Jatim.

Turut memberikan kata sambutan Ketua PW DMI Provinsi Jawa Timur Masa Bakti 2018-2023, Drs. KH. Muhammad Roziqi, M.M. Sedangkan Sekjen PP DMI, H. Imam Addaruquthni, telah membacakan Surat Keputusan PP DMI Nomor 167/PP DMI/SK/A/VIII/2019 Tentang Susunan Pengurus dan Personalia PW DMI Provinsi Jatim Masa Khidmat 2018-2023.

Berikut ini adalah video pelantikan PW DMI Provinsi Jatim Masa Khidmat 2018-2023. Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani