DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H Syafruddin, M.SI., telah melakukan kunjungan ke tiga buah masjid masing-maisng berlokasi di Kota Baku, Azerbaijan, di Tbilisi, Georgia, dan di kota Doha, Qatar.

Seperti dilansir dari laman https://www.tawaf.tv, kunjungan internasional ke tiga negara itu dilakukan pada Ahad (23/6) di Masjid Heydar (Heydar Mosque), Kota Baku, Azebaijan, pada Selasa (25/6) di Masjid Juma, Kota Tbilisi, Georgia, dan pada Kamis (27/6) di Masjid Muhammad bin Abdul Wahhab, Kota Doha, Qatar.

H. Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI itu berkunjung ke Kota Baku, Azerbaijan, dalam rangka menerima penghargaan dari United Nations Public Service Award (UNSPA). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)/ United Nations (UN).

Khususnya atas terpilihnya laman www.petabencana.id sebagai pemenang dalam kategori Memastikan Pendekatan Terintegrasi di Lembaga Sektor Publik. Laman ini diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Sedangkan kunjungan penerima anugerah Tokoh Perubahan Republika 2017 itu ke Kota Tbilisi, Georgia, bertujuan untuk memperkuat kerja sama bilateral dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam hal ini, Georgia menjadi negara dengan praktik pelayanan publik terbaik di bidang Public Service Hall dan Service Centre of Police. Indonesia perlu belajar dari keberhasilan Georgia itu.

Adapun kunjungan H. Syafruddin ke Qatar bertujuan untuk meninjau pelayanan publik di kantor Kedutaan Besar RI (KBRI) di Doha, Qatar, sekaligus bersilaturahmi dengan diaspora atau Warga Negara Indonesia (WNI) di Qatar.

Rangkaian kunjungan Waketum PP DMI ke tiga negara ini juga bertujuan untuk memperkuat rasa persaudaraan dan jalinan silaturahmi antara masyarakat Muslim di Indonesia, khususnya keluarga besar DMI, dengan masyarakat Muslim di Azerbaijan, Georgia, dan Qatar. Hal ini terwujud dalam kunjungan beliau ke Masjid Heydar, Masjid Juma, dan Masjid Muhamad bin Abdul Wahhab.

Tujuan lainnya dari kunjungan Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Masa Bakti 2016-2018 itu ialah untuk mempelajari (studi banding) pengelolaan destinasi wisata berbasis masjid di Azerbaijan, Georgia, dan Qatar. Khususnya terkait pengelolaan destinasi wisata berbasis masjid di Masjid Heydar, Masjid Juma, dan Masjid Muhammad bin Abdul Wahhab.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani