5FE20E83-D67F-422B-88DD-5B23CF3C05C8Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Syafruddin meminta kepada pemuda dan remaja masjid untuk terus menjaga ukhuwah Islamiyah. Caranya dengan memegang teguh persatuan karena tidak ada perbedaan, apalagi pertentangan di antara banyaknya organisasi di lingkungan masjid.

Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan hal itu saat mewakili Ketua Umum DMI HM Jusuf Kalla, saat membuka Muktamar Prima I, di Masjid Istiqlal, Jumat, 28 September 2019 malam. Syafruddin mengungkapkan, setidaknya ada banyak organisasi remaja masjid, BKPRMI, ISYEF, dan PRIMA, namun semuanya tak memiliki perbedaan.

“Saya memberikan perhatian khusus kepada tiga organisasi remaja, antara lain BKPRMI, Prima, dan ISYEF. Selain itu, ada juga badan otonom di masjid yang membawahi para mubaliq yang juga menjadi pemersatu umat,” ujar Syafruddin dalam sambutannya.

Kepada sekitar 200 peserta muktamar yang beberapa provinsi, Syafruddin meminta untuk betul-betul melaksanakan tugas mulia dengan menjaga kesakralan masjid sebagai rumah Allah SWT. Pengurus dan anggota Prima diharapkan senantiasa bersikap membangun, merawat, dan memakmurkan masjid.

“Sudah banyak yang mengapresiasi karena kita sudah berada pada rel yang tepat, dalam melaksanakan tugas menjaga dan mengurus masjid, dengan menginduk kepada pemikiran bahwa masjid adalah rumah Allah SWT. Jadi Prima cukup melaksanakan program-program Dewan Masjid Indonesia, di antaranya harus membangun ekonomi berbasis masjid, menjaga kebersihan masjid dan merawat estetika masjid,” ujar Syafruddin.

Dalam sambutannya, Syafruddin juga menyinggung sejarah Dewan Masjid Indonesia yang dibentuk oleh beberapa tokoh nasional dari berbagai kalangan, di antaranya ulama, seorang jendral polisi, dan jendral angkatan darat. Kemudian setelah terbentuk, dalam perjalanannya pada satu masa, kepengurusan sempat diatur secara ex-oficio lalu kembali lagi melalui muktamar.

“Jadi sebenarnya tak salah juga kalau saya sebagai jendral polisi, dipercayakan juga untuk mengurus masjid,” ujar Syafruddin.

Saat ini dalam kepengurusan Dewan Masjid Indonesia kepengurusan tahun 2017-2022, terdapat berbagai tokoh Islam dan nasional. Bahkan terdapat beberapa orang menteri yang membantu Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menduduki jabatan Ketua Umum. Tokoh-tokoh ini yang menjadi bagian dalam membangun ukhuwah Islamiyah.

Organisasi PRIMA DMI merupakan organisasi yang baru dibentuk oleh Dewan Masjid Indonesia dalam kepengurusan 2017-2022. Saat ini, kepengurusan wilayah sudah terbentuk di beberapa provinsi. Pada malam pembukaan muktamar I, juga dilantik lagi beberapa kepengurusan daerah.

Redaktur: Muhammad Ibrahim Hamdani