DMI.OR.ID, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), H.E. DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM). Republik Turki, H.E. Numan Kurtulmus, pada Senin (7/3) siang.

Tepatnya, disela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) V Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Jakarta. KTT ini mengambil tema United for A Just Solution (Bersatu untuk Solusi yang Tepat) untuk Palestina dan Al-Quds Al-Sharif.

Dalam pertemuan bilateral ini, Wapres Jusuf yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) turut didampingi oleh Wakil Menlu RI, DR. H. Abdurrahman Mohammad Fachir.

Dalam siaran pers yang diterima DMI.OR.ID, Wapres Jusuf turut mendukung penuh Turki sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada April 2016 mendatang.

Wapres juga menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas serangan bom dan aksi terorisme di Turki pada 17-18 Februari 2016 lalu, serta menekankan perlunya kerja sama internasional untuk memberantas terorisme dan ekstrimisme.

Kedua negara juga mendorong kerja sama intelijen dan turut bekerjasama dalam menyebarkan nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil A’lamin, serta mengedepankan toleransi dan moderasi inter danantar ummat beragama.

Wapres Jusuf pun mengapresiasi 17 pengusaha Turki yang telah hadir dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2015. TEI 2015 ini menghasilkan rencana kerja sama di bidang geothermal, pembangunan pembangkit listrik, dan industri perkapalan.

Penulis: Muhamad Ibrahim Hamdani