DMI.OR.ID, JAKARTA – Imam Besar Masjidil Aqsha, Syekh Yusuf Abdelwahab Abu Snenah, yang juga Mufti Besar Palestina, telah menemui Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, pada Jum’at (11/3) siang di rumah dinas Wapres.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, dalam pertemuan ini Wapres Jusuf Kalla menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina serta niat pemerintah untuk segera membuka Kedutaan Besar RI di Ramallah, Tepi Barat, Palestina.

“Indonesia selalu mendukung, baik dengan doa juga secara politik. Saya tegaskan kembali bahwa Indonesia segera membuka kedutaan di Ramallah,” tutur Wapres Jusuf kepada Imam Besar Masjidil Aqsha, seperti diungkapkan Juru Bicara Wapres, Dr. H. Husain Abdullah, M.Si., pada Jumat (11/3).

Dunia internasional, lanjutnya, telah mendukung kemerdekaan Palestina selama 70 tahun ini. Selama itu telah terjadi empat kali perang yang justru membuat peta wilayah Palestina semakin kecil. “Seluruh masyarakat dunia harus realistis dalam menyikapi kondisi itu,” paparnya.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini, perundingan Palestina-Israel yang telah berlangsung sebanyak 14 kali selama 70 tahun terakhir selalu gagal karena para pemimpin Palestina justru tak bersatu.

“Para pemimpin Palestina harus mempermudah perjuangan rakyat Palestina dalam mencapai kemerdekaannya. Hal terpenting, bangsa Palestina harus bersatu, terutama Hamas dan Fatah,” tutur Wapres Jusuf seperti dikutip Juru bicaranya, Husain Abdullah.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani