DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah meresmikan hadirnya siaran Televisi (TV) DMI Channel pada Sabtu (28/5) pagi di Masjid Istiqlal, Jakarta.

“Dakwah Islam di Indonesia terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. TV DMI Channel ini merupakan bentuk dakwah di masjid melalui media. Saya turut merasa senang dan bangga dengan hadirnya TV DMI Channel. Dakwah kita terbesar di dunia karena ummat Islam di Indonesia adalah yang terbesar di dunia,” tutur Wapres Kalla pada Sabtu (28/5).

Mengurus masjid di era modern saat ini, lanjutnya, tentu tidk sama dengan mengurus masjid pada 50 tahun yang lalu. Cara mengurus masjid saat ini semakin maju dan lebih efisien seiring perkembangan teknologi media.

“Misalnya, dahulu anak-anak mengaji Alif, Ba, Ta, Tsa butuh waktu lama, tetapi sekarang beberapa minggu sudah bisa karena perkembangan teknologi. Sejak 50 tahun lalu, saya sudah ngurus masjid karena masjid selalu dekat dengan rumah saya,” paparnya.

Menurutnya, saat ini cara berdakwah sudah berbeda karena sudah dicampur (mixed) dengan hiburan, jadinya dakwah plus entertainment, sudah mixed. Masalahnya, bagaimana kita meningkatkan kualitas dakwah itu.

“Dakwah melalui media dan televisi di Indoonesia merupakan yang terbear di dunia. Kita bisa lihat, dalam setahun itu ada 409 ribu acara tv bernuansa dakwah, dengan 5.000-an program setiap Jum’at. Ini luar biasa,” ungkapnya.

Acara ini diselenggarakan oleh PP DMI bekerjasama dengan TV DMI Channel, Republika Media Visual (RMV), Nin Media, dan PT. Agung Podomoro Land, Tbk, serta IndiHome Fiber milik PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Saat ini, TV DMI Channel juga dapat disaksikan publik

Dalam acara ini, turut hadir Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., yang juga Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sekaligus Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU); dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni,M.A., yang juga Pembantu Rektor (Purek) I Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ).

Hadir pula Menteri Komunikasi dan Informartika (Menkominfo), Ir. H. Rudiantara, M.B.A., yang juga Ketua Departemen Komunikasi, Informasi, (Kominfo), hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Hubungan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, serta Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Drs. KH. Muhammad Muzammil Basyuni, M.A.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, M.A., yang juga Rektor PTIQ, juga hadir dalam acara ini. Dari jajaran PP DMI, turut hadir Ketua PP DMI Bidang Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya manusia (SDM), Drs. H. Raden Maulany, S.H., dan Ketua PP DMI Bidang Sarana Hukum dan Waqaf PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi.

Hadir juga Ketua PP DMI Bidang Pengembangan Ekonomi Umat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Drs. H. Abdilla Fauzi Achmad, M.B.A., AAIK, Ketua PP DMI Bidang Pengembangan Potensi Muslimah dan Anak, Dr. Dra. Hj. Maria Ulfah Anshori, M.A., dan Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andy Mappaganty, M.M.

Pengurus lainnya ialah Bendahara PP DMI, H. Syaifudin Nawawi, S.H., dan Dra. Hj. Dian Artida, Ketua dan Sekretaris Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan SDM PP DMI, Drs. KH. Abdul Manan Abdul Gani, dan Drs. H. Khusnul Khuluk, M.M. serta Anggota Departemen Pengembangan Muslimah dan Potensi Anak PP DMI, Dra. Hj. Helwana Fattoliya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani