DMINEWS, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, MBA, memberikan apresiasi (award) kepada para pemenang Sayembara Konsep Desain Masjid (SKDM) Jami’ Nurul Amal, Muara Gembong, Bekasi, pada Senin (25/5) siang, di Istana Wapres, Jakarta.

Tiga orang perwakilan pemenang SKDM itu adalah Thoat Fauzi, selaku Ketua Tim pemenang kedua SKDM, Harun Wisaksono, selaku Ketua Tim Pemenang ketiga SKDM, dan Andesha Hermintomo, selaku Ketua Tim peraih Honorable Mention.

Dalam kesempatan ini, Wapres Kalla juga memberikan penghargaan kepada seluruh panitia dan para pihak yang terlibat dalam penyelenggaran SKDM, seperti Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ir. H. Munichy B. Edrees, M.Arch, yang juga Ketua Dewan Juri SKDM, serta dua juri lainnya, yakni H. Fauzan A.T. Noe’man, BFA., B.Arch., dan Ir. Imelda Akmal, MA.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pendiri Indonesia Syiar Network (ISN), Ustadz H. Mirza Muhammad, dan Kepala Telkom Divisi Digital Bisnis (DDB) PT. Telkom Indonesia, Achmad Sugiarto. SKDM Masjid Jami’ Nurul Amal ini diselenggarakan oleh PP DMI bekerjasama dengan IAI, ISN dan PT. Telkom Indonesia.

Secara khusus, Wapres Kalla juga memberikan apresiasi kepada Direktur Utama PT. Pertamina Tbk, Dwi Soetjipto. Dalam hal ini, PT. Pertamina Tbk sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan masjid dan atau musholla terbanyak.

Wapres Kalla juga memberikan apresiasi kepada Masjid Baitul Ihsan yang berlokasi di kompleks perkantoran Bank Indonesia (BI) sebagai masjid terbaik di Jakarta di kompleks perkantoran. Adapun peraih masjid terbaik di Jakarta di kompleks pusat perbelanjaan adalah Pasaraya Blok M.

Dalam acara ini, Wapres Kalla menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) dengan Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan PT. Telkom Indonesia.

Dalam penandatanganan ini, DMI diwakili oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, sedangkan Kemenag diwakili oleh Menteri Agama, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, dan Kementerian ATR diwakili oleh Menteri ATR, Drs. H. Ferry Mursyidan Baldan. Adapun PT. Telkom Indonesia diwakili oleh GM DDB PT. Telkom Indonesia, Ahmad Sugiarto.

Acara ini juga dihadiri Menteri Sosial (Mensos), Dr. Hj. Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Drs. H. Rudiantara, MBA, yang juga Ketua Departemen Kominfo, Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri PP DMI.

Wapres Kalla juga memberikan sambutan sekaligus memukul bedug sebagai tanda pembukaan dimulainya Lokakarya Wakaf dan Pengelolaan Aset-Aset Masjid selama dua hari ke depan, Selasa (26/5) hingga Rabu (27/5) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani