DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk membangun sebuah Islamic Centre (Pusat Keislaman) yang memiliki fasilitas lengkap untuk belajar dan mengaji Al-Qur’an di atas lahan yang cukup luas.

Seperti dilansir dari laman http://nasional.news.viva.co.id/, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan hal itu langsung kepada Gubernur Sumut, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, S.E., M.Si. saat transit di Bandar Udara (Bandara) Kualanamu International Airport (KNIA), Kabupaten Deli Serdang, Sumut, pada Ahad (17/7) sore, usai kembali dari kuungan kenegeraan ke Ulan Bator, Mongolia.

“Beliau menyambut baik pembangunan Masjid Agung Medan. Pak Wapres juga menyampaikan keinginannya agar dibangun masjid yang memiliki lahan luas untuk menjadi Islamic Center,” tutur H. Tengku Erry Nuradi pada Ahad (17/7) sore.

Menuruntya, Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menyambut gembira saat menerima laporan pembangunan Masjid Agung Medan.

“Nanti akan kita cari lokasi yang sesuai, misalnya di eks Bandara polonia atau areal lainnya di sekitar kota Medan,” papar Erry.

Dalam pertemuan iini, lanjutnya, Wapres Kalla juga menyampaikan persoalan tanah eks Hak Guna Usaha (HGU) PT. Perkebunan Nusantara (PTPN).

“Yang sudah lama yang tertunda yaitu masalah eks HGU PTPN yang belum juga selesai. Bapak Wapres akan mengundang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan instansi lainnya, juga Pemerintah Daerah (Pemda) sehingga bisa ditindaklanjuti penyelesaian eks HGU yang sudah tertunda cukup lama,” jelas Erry.

Intinya, lanjut Erry, Wapres Kalla mendukung sepenuhnya pembangunan di Sumatera Utara, termasuk upaya memperkenalkan Danau Toba menjadi destinasi pariwisata internasional.

“Kami berbincang cukup hangat lebih kurang satu jam. Banyak sekali informasi yang kami dapatkan, termasuk kondisi Sumut serta rencana-rencana ke depan. Beliau akan melakukan kunjungan kerja kembali ke Danau Toba dan meresmikan Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),” ungkapnya.

Wapres Kalla, imbuhnya, juga menyampaikan dukungan terhadap program pembangunan lainnya di Sumatera Utara, terutama untuk kepentingan masyarakat luas.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani