DMI.OR.ID, PEKANBARU – Sebagai negara berpenduduk Muslim mayoritas dan terbesar di dunia, Indonesia harus bisa menjadi model Muslim ideal bagi dunia. Dakwah harus disampaikan dengan cara yang santun dan ramah, tidak dengan menebar kebencian. Boleh kritik tetapi tidak kebencian.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, menyatakan hal itu saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus dan Personalia Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Riau Masa Bakti 2016-2021 pada Jumat (21/7) sore, Pukul 15:00 WIB, bertempat di Gedung Daerah, Kompleks Kantor Gubernur Riau.

“Sebagai negara berpenduduk Muslim mayoritas dan terbesar di dunia, Indonesia harus bisa menjadi model Muslim ideal bagi dunia. Itu sebabnya program penataan akustik masjid harus terus dikerjakan dan dipercepat hingga skala nasional,” tutur Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI).

DMI, lanjutnya, juga berusaha memberikan layanan dakwah dalam bentuk aplikasi android guna memudahkan masyarakat serta mendekatkan masjid, penceramah, dengan masyarakatnya.

“Masyarakat dan jama’ah masjid bisa mencari da’i terdekat sekaligus memanfaatkan measjid terdekat untuk beribadah dan melakukan kegiatan lainnya,” papar Wapres Kalla.

Wapres Kalla pun berpesan kepada pengurus PW DMI Provinsi Riau untuk memprioritaskan berbagai kegiatan yang manfaatnya berdampak langsung bagi para jamaah.

“Jajaran pengurus PW DMI Se-Indonesia, khususnya PW DMI Riau, hendaknya menjalin kerja sama kemitran dengn pemerintah setempat dan unsur-unsur masyarakat lainnya,” pugkas Wapres Kalla.

Dalam prosesi pelantikan ini, turut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Drs. H. Rudiantara, M.B.A., yang juga Ketua Departremen Kominfo, Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, dan Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi.

Hadir pula Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Ummat, Drs. H. Andi Mappaganty, M.M., dan  Sekretaris PP DMI, H. Syahrul Ujud, S.H., serta Sekretaris Departemen Kominfo, Hubla dan Hublu PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M. Adapun Ketua PW DMI Riau terpilih adalah Dr. H. Mashuri Putra, Lc., M.A. 

Turut hadir Gubernur Riau, Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A., Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigadir Jenderal (Brigjend) Polisi Supriyanto, dan Komandan Distrik Militer (Dandim) Pekanbaru, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Muhammad Ilyas, serta   perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam setempat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani