DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Dr. (H.C.) Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah meresmikan Masjid At-Taqwa pada Jumat (17/11/17). Masjid ini berlokasi di Markas Komando (Mako) Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), Jakarta Pusat.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com, Masjid At-Taqwa ini mulai dibangun pada 15 Juni 2017 dan selesai dibangun pada Rabu (15/12/17) lalu, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Marinir TNI AL ke 72.

Masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan serta dibangun di masa kepemimpinan Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.

Dalam acara ini, Wapres Kalla turut didampingi oleh sejumlah pengurus PP DMI Masa Bakti 2017-2022, yakni Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., dan Sekretaris PP DMI, H. Syahrul Ujud, S.H.

Dalam sambutannya, Wapres Kalla menyatakan bahwa ummat Islam harus memakmurkan masjid, lalu pengurus masjid memakmurkan jama’ah dan masyrakat di sekitarnya.

“Di dewan masjid, selalu saya gambarkan bahwa masjid itu harus kita makmurkan, tapi masjid juga memakmurkan jama’ahnya. Memakmurkan masjid berarti meningkatkan keimanan dan perilaku melalui ibadah,” tutur Wapres Kalla pada Jumat (17/12/17).

Adapun memakmurkan masyarakat melalui masjid, lanjutnya, dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti diskusi, amal, bazar (pasar), dan koperasi.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu juga menggarisbawahi pentingnya akustik (tata suara) dengan kualitas baik di dalam masjid.

“80 persen kegiatan jama’ah di masjid ialah mendengarkan khutbah atau ceramah, sedangkan 20 persen sisanya ialah ibadah dan pengumuman. Salatnya boleh dihitung itu, salat tidak lebih dari lima sampai sepuluh menit, tetapi khutbah bisa setengah jam, itu kenapa sound system penting di samping yang lainnya,” jelasnya.

Pernyataan senada diungkapkan Mayjen TNI Bambang Suswantono. Ia menceritakan pengalamannya selama mengikuti kegiatan Wapres Kalla sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) RI.

“Selama mengikuti Pak Wapres meresmikan masjid-masjid di berbagai wilayah di Indonesia, satu yang selalu saya ingat dari Pak Wapres adalah pentingnya sound system karena 80 persen di masjid itu ceramah 10 persen ibadah, 10 persen pengumuman,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani