DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah membuka secara resmi kegiatan Muktamar VII DMI pada Sabtu (11/11) pagi di Arama Haji Podok Gede, Jakarta.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, Wapres Kalla juga memberikan kata sambutan dalam acara ini, lalu memukul bedug sebagai tanda peresmian acara. Saat itu, Wapres Kalla turut didampingi oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., yang juga Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Uama (PBNU).

Wapres Kalla juga didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., yang juga Ketua Organizing Committee (OC) Muktamar VII DMI.

Turut mendamping Wapres Kalla ialah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Ir. H. Rudiantara, M.B.A. yang juga Ketua Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (LN) PP DMI.

Dalam prosesi itu, Wapres Kalla juga didampingi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Dr. H. Sofyan Abdul Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D., yang juga Ketua PP DMI Bidang Kominfo, Hubla, dan LN.

Setelah prosesi pemukulan bedug, Wapres Kalla pun meresmikan maket gedung baru kantor DMI Pusat yang kini sedang dalam proses pembangunan di Kota Jakarta Pusat. Saat itu, Wapres Kalla membuka kain yang menutup maket gedung baru dengan didampingi Sekretaris Yayasan Hasanah Masjid Indonesia, Dr. H. Serian Wijatno. S.E., M.M., M.H.

Dalam acara pembukaan ini, Waketum PP DMI, Kyai Masdar juga menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding/ MoU) dengan perwakilan dari PT. Unilever, Tbk, dan PT. Travel Haji dan Umroh Nur Rima Al-Waali (NRA).

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh seluruh pengurus PP DMI, termasuk Ketua Departemen Dakwah dan Pengkajian PP DMI, Drs. KH. Abdul Manan, yang juga memimpin pembacaan do’a bersama untuk menutup acara.

Prosesi ini juga disaksikan langsung oleh Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, yang juga Ketua Steering Committee (SC) Muktamar VII DMI. Para muktamirin juga menyaksikan cuplikan video kilas balik program DMI selama lima tahun terakhir, yang disampaikan oleh Ustaz Natsir Zubaidi melalui video berdurasi sekitar 20 menit.

Usai acara pembukaan, Wapres Kalla juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke sejumlah stand bazaar DMI, termasuk ke stand akustik yang diselenggarakan bersama oleh DMI dan PT. TOA Galva Prima, Tbk. Kemudian, Wapres Kala menyelenggarakan pertemuan khusus dan tertutup dengan para pengurus PP dan PW DMI untuk menyampaikan amanatnya.

Dalam acara pembukaan ini, turut hadir Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Prof. Dr. H. Muhammad Siradjuddin Syamsuddin, M.A., yang juga Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban RI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani