DMI.OR.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah menunaikan ibadah sholat Shubuh berjama’ah bersama-sama Ustaz H. Abdul Somad, Lc., M.A., pada Ahad (4/2) di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Jakarta.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, Wapres Kalla tampak berjalan kaki dari kediamannya menuju MASK yang berjarak dekat dengan rumah dinas Wapres Kalla dengan didampingi Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla.. Saat itu, Wapres Kalla mengenakan peci dan baju koko berwarna putih.

Turut mendampingi Wapres Kalla ialah Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komjen Pol. Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Ketua PP DMI, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn.) Drs. H. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., yang juga Wakil Ketua Majelis Pakar PP DMI.

Usai sholat Shubuh berjama’ah, Ustaz Abdul Somad bersama Wapres Kalla dan Ibu Mufidah Kalla kembali ke rumah dinas untuk sarapan pagi bersama, kemudian kembali ke MASK untuk sholat Dhuha dan mengisi jadwal Kuliah Dhuha pada Pukul 06:30 WIB di MASK.

Dalam sambutan singkatnya yang berlangsung sekitar dua menit, Wapres Kalla menyatakan bahwa ceramah-ceramah Ustaz Abdul Somad sangat meneduhkan dan memiliki referensi yang kuat.

“Ceramah-ceramah dari Ustaz Abdul Somad itu kan teduh, baik, dan referensinya kuat. Itu yang membedakan dengan ustaz lainnya,” tutur Wapres Kalla pada Ahad (4/2) pagi, dalam sambutannya di sesi Kajian Dhuha itu.

Menurutnya, Ustaz Abdul Somad memilili pengetahuan yang dalam tentang agama. Selain itu, cara Ustaz Abdul Somad menyampaikan ceramah pun mudah dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. “Cara membawakannya juga gampang dipahami oleh masyarakat tingkat apa saja,” paparnya.

Kehadiran Ustaz Abdul Somad, lanjutnya, memberikan kesempatan kepada para jama’ah MASK untuk mendengarkan taushiyah dan nasehat-nasehatnya secara langsung. “Dengan hadirnya Ustaz Abdul Somad sekarang ini, para jama’ah MASK tidak perlu lagi menonton ceramahnya di laman Youtube,” kelakar Wapres Kalla.

“Alhamdulillah dengan kehadiran Ustaz Abdul Somad tentu akan memberikan pencerahan, kalau selama ini mungkin lebih banyak anda nonton di Youtube, sekarang bisa langsung, saya juga,” ungkap Wapres Kalla sambil tertawa, yang lalu disambut tawa para jamaah.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Melarah Indnesia (PMI) itu pun kembli mengajak jama’ah MASK untuk memakmurkan masjid. Apalagi masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai wadah untuk memakmurkan umat.

“Salah satu faktor yang selalu kita ingin kemukakan adalah mari kita memakmurkan masjid, dan masjid memakmurkan jamaahnya. Karena itulah yang hadir kesini berarti memakmurkan masjid,” jelasnya.

Wapres Kalla pun berharap agar setelah mendengarkan tausiah dari para ulama, jamaah masjid akan mendapat dorongan untuk lebih memakmurkan bangsa.

Dalam sesi Kuliah Dhuha ini, hadir pula Ketua Dewan Pengurus MASK, H. Muhammad Aksa Mahmud, yang juga Ketua Badan Ekonomi Syariah PP DMI, dan Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, drg. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.K.M.

Penuls: Muhammad Ibrahim Hamdani