DMI.OR.ID, MAKASSAR – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Wakil Presiden (Wapres) RI, berharap agar jajaran Pimpinan Wilayah (PW) DMI Sulawesi Selatan (Sulsel) terus melakukan program perbaikan sound system (akustik) masjid.

Wapres Kalla menyataan hal ini saat memberikan sambutan dalam prosesi pengukuhan jajaran PW DMI Sulsel Masa BAkti 2016-2021 pada Selasa (26/7) di aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Jalan Haji Nuri, Makassar, Sulsel.

“Dari sejumlah sarana masjid, sound system sangat dibutuhkan saat seseorang akan menunaikan ibadah. Mulai dari khutbah, ceramah, dan shalat, semuanya harus didukung oleh sound system yang baik agar suara imam dan penceramah bisa terdengar jelas,” tutur Wapres Kalla seperti dikutip dari laman http://makassar.tribunnews.com/

Menurutnya, dengan lantunan suara imam yang jelas melalui sound system yang baik, maka akan memberikan kekhusyukan saat menunaikan salat. “Jadi, memperbaiki sound sistem menjadi tugas kita semua,” ucapnya.

Dalam prosesi pelantikan ini, turut hadir Gubernur Sulsel, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014-2016, H. Anies Rasyid Baswedan, M.A., Ph.D.

Hadir juga Ketua PW DMI Sulsel terpilih, Mayor Jenderal (Mayjend) Purn. Drs. H. Muhammad Amin Syam, M.Pd., yang juga Gubernur Sulsel 2003-2008. Untuk kedua kalinya, secara aklamasi, ia terpiih kembali sebagai Ketua PW DMI Sulsel dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) DMI Sulsel yang diselenggarakan akhir-akhir ini.

Pejabat daerah yang hadir dalam acara ini yakni Wakil Wali Kota Makassar, DR. H. Syamsu Rizal Mi, S.Sos., M.Si., dan Panglima Daerah Miiter (Pangdam) VII/ Wirabuana, Mayjend TNI Agus Surya Bakti, dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel dan Sulawesi Barat (Sulbar),Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi (Pol) Dr. Drs. HAnton Charliyan, M.P.K.N. 

Beberapa pengurus inti PW DMI Sulsel yang turut dilantik adalah Ketua Harian PW DMI Sulsel, Drs. H. Abdul Wahid Thahir, M.Ag., yang juga Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulsel, serta Ketua PW DMI Sulsel, Drs. H. Ambas Syam, M.S., dan Sekretaris PW DMI Sulsel, H. Hasid Hasan Palogai, S.H., M.A.

Hadir pula tiga orang Wakil Sekretaris Umum PW DMI Sulsel, yakni H. Irianto Sulaeman, S.E., M.M., dan H. Saenong, serta Bendahara Umum PW DMI Sulsel, Drs. H. Muhammad Hasnawi Makkatutu, M.M.

Dlam kesempatan ini, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Abdul Wahid Thahir, juga sempat mengalungkan lipa sabbe atau sarung sutera khas bugis ke Wapres Jusuf Kalla saat menyambutnya di aula Kantor Kemenag Sulsel pada Selasa (26/7).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani