DMI.OR.ID, DEPOK – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, telah berkunjung dan meninjau langsung lokasi proyek pembangunan Universitas Islam Indonesia Internasional (UIII) pada Ahad (22/8) pagi di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Seperti dilansir dari laman https://www.youtube.com/watch?v=MpTkE5UI0vQ, Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu berkunjung ke lokasi UIII dengan didampingi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Ketua Umum PP DMI.

Turut mendampingi Wapres Kalla ialah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, H. Rudiantara, S.Stat., M.B.A., yang juga Ketua PP DMI dan Menteri Agama (Menag) RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, yang juga Ketua Majelis Mustasyar PP DMI, serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A., 

Sewaktu tiba di lokasi proyek pembangunan UIII, Wapres Jusuf Kalla selanjutnya mengunjungi titik kedua, yakni pembangunan asrama mahasiswa dan rumah dinas dosen yang dikerjakan PT Wijaya Karya.ambut langsung oleh Rektor UIII, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat. Wapres Jusuf Kalla pun yakin bahwa Kampus UIII dapat beroperasi pada tahun 2020 nanti.

Seperti dikutip dari laman https://kumparan.com, Wapres Jusuf Kalla mengunjungi tiga lokasi dalam lokasi proyek pembangunan UIII. Lokasi pertama yang dikunjungi Wapres ialah titik pembangunan sarana dan prasarana Kampus UIII yang dibangun oleh PT. Brantas Abipraya.

Lalu Wapres Jusuf Kalla mengunjungi lokasi kedua, yakni titik pembangunan asrama mahasiswa dan rumah dinas dosen yang dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya. Selanjutnya, lokasi ketiga yang dikunjungi oleh Wapres Jusuf Kalla ialah titik pembangunan gedung rektorat dan fakultas yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya.

Menurut General Manager Proyek PT. Waskita Karya, Yulianto, proses pembangunan gedung asrama mahasiswa kampus UIII telah mencapai 45 persen. “(Untuk) asrama ada (total) empat tower, dengan peruntukan 224 ruangan untuk non-difabel dan 16 (ruangan) untuk difabel. Progress-nya 45 persen dari rencana 38 persen,” imbuhnya.

Bahkan, lanjutnya, setiap lantai asrama mahasiswa juga memiliki ruang lobby dan living room (ruangan bersama) yang berfungsi untuk ruang pertemuan.

Seperti dikutip dari laman https://nasional.kompas.com/, lokasi pertama yang ditinjau oleh Wapres Jusuf Kalla di Kampus UIII ialah proyek pembangunan pagar keliling dan infrastruktur kawasan Kampus UIII Tahap 1 – Paket III. PT. Brantas Abipraya membangun proyek ini dengan rincian pagar sepanjang 3.159,49 meter dan trase jalan sepanjang 2360,33 meter.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani