DMI.OR.ID, BOGOR – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Sub Direktorat (Subdit) Tuberculosis (TB) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Pengendalian TB Berbasis Komunitas Masjid di Wisma Cipendawa, Ciloto, Kabupaten Bogor, pada Jum’at (4/11) hingga Ahad (6/11).

Dalam kegiatan ini, Sekretaris Departemen Kesehatan, Lingkungan Hidup, dan Kepemudaan PP DMI, Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, membuka acara secara resmi. Adapun narasumber dalam kegiatan ini yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, MA.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang peserta. Mereka mewakili delapan kabupaten/ kota yang tersebar di empat provinsi di Indonesia, yakni Kota Surabaya dan Kabupaten Ponorogo di Provinsi Jawa Timur, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten, Kota Kendari dan Kabupaten Muna di Provinsi Sulawesi Tenggara serta Kabupaten Aceh Tengah dan Kota Banda Aceh di Provinsi Aceh.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua orang fasilitator, yakni anggota dan sekretaris Departemen Kesehatan, Lingkungan Hidup, dan Kepemudaan PP DMI, Hj. Heny Wahyudiani, dan Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, M.Si.

“Kegiatan selama tiga hari ini meliputi ToT TB, Penyuluhan, dan Pelatihan Kader TB berbasis Komunitas masjid oleh Subdit TB Kemenkes dan kader-kader TB. Saya dan Hj. Heny Wahyudiani jugamenjadi fasilitator dalam kegiatan ini,” tutur Jaorana dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Senin (9/11) sore.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani