DMI.OR.ID, TULUNGAGUNG – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, meresmikan penggunaan Masjid Agung Ar-Ridwan dan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darul Hikmah, Kecamatan Kedungwangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), pada Senin (16/1).

Seperti terlihat dalam video berdurasi 24 menit 30 detik di laman https://youtu.be/Esua128VpvA, Wapres Jusuf Kalla terlihat memukul beduk sebanyak 10 kali saat meresmikan masjid dan Rusunawa ini. Tepatnya dalam acara Syukuran Seperempat Abad, Peresmian Masjid Agung Ar-Ridwan dan Rumah Susun Pondok Modern Darul Hikmah, Tawangsari – Tulungagung.

Dalam prosesi ini, Wapres Jusuf Kalla beserta rombongan yang hadir juga menyempatkan diri meninjau bangunan Rusunawa dan Masjid Agung Ar-Ridwan, termasuk kamar para santriwan dan santriwati di bangunan berlantai empat itu.

Dalam sambutannya, Pimpinan Ponpes Modern Darul Hikmah, KH. Masyhudi Ridwan, S.H., menjelaskan bahwa Ponpes Modern Al-Hikmah ini mulai berdiri sejak 1991 lalu. Sebelumnya, Ponpes ini berupa sebuah langgar, surau, atau musholla yang didirikan oleh H. Ridwan pada 1930 lalu.

“H. Ridwan adalah seorang guru ngaji di langgar ini. Dia merupakan guru sekaligus saudagar di Kabupaten Tulungagung ini. Kemudian pada tahun 1991 mulai dibangun pondok pesantren, tetapi tempat jamaahnya masih surau yang dipimpin oleh Bapak H. Nurul Hakim Ridwan,” papar Ustaz Masyhudi Ridwan pada Senin (16/1), seperti dikuip dari laman http://beritajatim.com/.

Menurutnya, Ponpes Darul Hikmah kini berkembang semakin pesat dengan semakin banyaknya santri yang ‘ngangsu’ (menuntut) ilmu di Ponpes Modern Darul Hikmah. Apalagi dengan dimulainya pembangunan masjid berlantai empat yang telah diresmikan ini.

“Alhamdulilah, pembangunan masjid sudah rampung pada Desember 2016. Masjjid ini diberi nama Ar-Ridwan, mengambil dari nama orang yang mendirikan pertama kali, yaitu H. Ridwan. Masjid ini mampu menampung sekitar 2.000 orang santri.

Di lantai satu dan dua masjid, lanjutnya, diperuntukkan bagi santri putra, sedangkan untuk lantai tiga dan empat diperuntukkan bagi santriwati. Pembangunan masjid ini dibiayai oleh para donatur. “Sedangkan pemberian nama Ar-Ridwan karena belau, Bapak H. Ridwan, telah mewaqafkan tanahnya untuk pondok ini,” jelasnya

Kiai Masyhudi pun merasa sangat bersyukur kepada Allah SWT karena pembangunan rusunawa untuk santri di Ponpes ini juga sudah selesai dan siap digunakan oleh para santri.

Pembangunan rusunawa ini merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera) yang telah dimulai sejak Maret 2016 lalu dan kini telah selesai.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum., Pimpinan Ponpes Moderan Darul Hikmah, H. Masyhudi Ridwan, S.H., dan Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera), Dr. Ir. H. Muhammad Basuki Hadimuljono, M.Sc., serta Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab), Dr. Ir. H. Pramono Anung Wibowo, M.M.

Dalam rombongan ini, turut hadir Kepala Sekretariat Wapres RI, Drs. H. Mohamad Oemar, M.A., dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Dr. Ir. H. Bambang Widianto, M.A.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani