DMI.OR.ID, JAKARTA – Program kerja dan kegiatan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) harus tertib dan sesuai dengan rencana yang disepakati bersama. Jangan sampai ada program yang tidak tertib, bersifat mendadak, atau di luar rencana pengurus.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Derah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, KH. Ma’mun Al-Ayyubi, menyampaikan amanat itu saat memberi sambutan dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) VI DMI Kota Administrasi Jaksel pada Kamis (28/1).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Komplek Rumah Jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Kalibata, Jakarta, dan mengambil tema Meningkatkan Peran DMI Sebagai Wadah Perjuangan Dalam Memberdayakan Masjid.

“Saya harap, kita tidak akan melakukan penyimpangan dalam mengelola DMI, baik secara finansial, administratif, dan lainnya. Marilah kita duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, bukan untuk saling memenangkan dan mengalahkan dalam Musda ini,” tutur Kiai Ma’mun pada Kamis (28/1).

Sebelum dan sesudah pesta demokratis ini, lanjutnya, hendaknya para pengurus di tingkat daerah maupun cabang tetap bersama-sama di DMI. “Apapun hasil Musda ini adalah kemenangan kita semua,” imbuhnya.

Menurutnya, DMI ini merupakan organisasi warisan para u’lama terdahulu yang harus dijaga bersama-sama. “Jika kita tidak pernah meninggalkan kiai, dan selalu didampingi para u’lama dalam mengurus DMI ini, Insya Allah semua aan berjalan lancar dan baik,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, DMI harus terus berupaya memperbaiki akhlaq dan moral ummat Islam dan bangsa Indonesia. “Salah satu caranya ialah menjadi mitra pemerintah dalam program Marbot Berangat Umroh sebanyak 130 orang pada 2016 nanti,” ungkapnya.

Apalagi, paparnya, esok hari, Jum’at (29/1), Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, akan meresmikan Masjid Fatahillah yang terletak di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta bersama Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.

“Dalam acara ini, DMI Provinsi DKI Jakarta akan dilibatkan dan ke depan akan mengelola Lembaga Takmir Masjid (LTM) Fatahillah,” tutur Kiai Ma’mun.

Dalam Musda VI ini, turut hadir 10 orang undangan dan peninjau, antara lain Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Derah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al Ayyubi, Wali Kota Administrasi Jaksel, H. Tri Kurniadi, SH, M.Si., dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (PD) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Administrasi Jaksel, KH. Muhammad Idris Saikin.

Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta dan Wali Kota Jaksel juga berkenan memberikan sambutan dalam Musda VI ini. Bahkan Wali Kota Tri Kurniadi secara resmi membuka Musda VI ini dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani