DMI.OR.ID, JAKARTA – Pusat Penelitan dan Pengembangan (Puslitbang) Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menyelenggarakan Seminar Kegiatan Antarumat Beragama Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2015 pada Senin (23/11) di Hotel Balairung, Jakarta.

Kegiatan ini mengambil tema Pilkada Serentak 2015 yang Aman dalam Bingkai Kerukunan Umat Beragama dan menghadikan seumlah pembicara, yakni Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat, Drs. KH. Slamet Effendy Yusuf, M.Si., dan Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum, Bahrum Alamsyah Siregar, SH.

Adapun moderator dalam sesi I ini ialah anggota Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama MUI Pusat, Dr. H. Ahmad Ridha, DESA. Sedangkan pembicara dalam sesi II diskusi adalah Wakil Direktur (Wadir) Politik Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Drs. Muhammad Syamsul Hidayat, M.Si.

Moderator dalam sesi kedua ini ialah Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Hubungan Antar Umat Beragama pada Pusat Litbang (Puslitbang) Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama, Dr. H. Muhammad Adlin Sila, S.Ag, M.A.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini diselenggarakan bersama oleh MUI dan Kemenag, sebagai upaya mewujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan damai dalam bingkai kerukunan antar ummat beragama. Beberapa hal yang menjadi sorotan peserta adalah money politic (politik uang), korupsi, dan keterlibatan aparat keamanan dalam Pilkada.

Seminar ini juga dihadiri sejumlah perwakilan dari berbagai majelis-majelis agama di Indonesia seperti Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin).

Dalam kegiatan ini, hadir Ketua Departemen Sarana, Hukum dan Waqaf Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. H. Nadjamuddin Ramly, MA., yang juga Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan MUI Pusat. Hadir pula Ketua Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama (KAUB) MUI Pusat, Drs. H. Choirul Fuad Yusuf, MA.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani