DMI.OR.ID, MAKASSAR — Tidak banyak yang tahu kalau ternyata Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki hubungan erat dengan masjid. Hal ini terlihat jelas dari program PMI Kota Makassar untuk membuka posko layanan donor darah di Masjid Al Markaz Al Islami selama bulan Ramadhan.

Apalagi Ketua Umum PMI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, juga menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) (Dewan Masjd Indonesia) sehingga kerja sama antara PMI dengan masjid dapat semakin erat dan strategis.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, selama bulan Ramadhan 1436 Hijriah nanti, PMI Kota Makassar akan membuka layanan donor darah di Masjid Al Markaz Al Islami guna menjaga stok dan memenuhi permintaan darah.

Wakil Ketua PMI Kota Makassar, Andi Umar Patta, menyatakan permintaan darah tidak mengenal hari dan waktu karena setiap hari PMI terus-menerus melayani permintaan darah. “Jadi, untuk menjaga stok darah aman selama bulan Ramadhan, maka kita akan membuka posko layanan di Masjid Al Markas Al-Islami,” tutur Andi pada Senin (15/6).

Menurutnya, pelayanan donor darah selama bulan Ramadhan akan terpusat di Masjid Al Markaz Al Islami. Beberapa mobil layanan PMI juga berkeliling seperti hari-hari biasanya.

“Hanya saja, untuk mobil keliling itu tidak akan mengambil waktu-waktu pada pagi hingga sore hari. karena umumnya pendonor banyak yang menjalankan ibadah puasa,” jelasnya.

Layanan donor darah PMI, lanjutnya, dibuka di Masjid Al-Markaz Al Islami karena masjid itu selalu menjadi magnet bagi para jamaah di kota Makassar dan daerah tetangganya, seperti Kabupaten Maros dan Gowa.

“Masjid Al-Markaz itu selalu ramai dan memiliki kapasitas tampung hingga 20 ribu jama’ah. Kenapa kita fokus di sana? Karena ada ribuan jamaah yang setiap malam melaksanakan salat tarawih,” paparnya.

Layanan posko donor darah ini akan mulai dibuka setelah waktu ibadah maghrib atau setelah buka puasa dan terus berlangsung hingga pukul 22.00 WITA, Makassar.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani