DMI.OR.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Wakil Presiden (Wapres) RI, menyatakan bahwa ceramah bermuatan politik boleh saja berlangsung di masjid selama tidak bertujuan untuk kampanye atau memberikan dukungan bagi figur politik tertentu.

“Kalau ceramahnya tidak memihak, hanya bicara tentang ayat quran dan hadis, sebagai pengetahuan, kalau hanya sebagai referensi tidak apa-apa, yang dilarang itu kan kampanye” tutur Wapres Kalla pada Ahad (4/2) pagi, seperti dikutip dari laman https://www.cnnindonesia.com.

Tepatnya usai menghadiri Kuliah Dhuha bersama da’i kondang asal Riau, Ustaz H. Abdul Somad, Lc., M.A., di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Jakarta.

Menurutnya, larangan untuk berkampanye di masjid telah diatur ecara tegas dalam Undang-Undang (UU). Namun selama ceramah yang disampaikan hanya untuk referensi pengetahuan (politik), hal itu masih diperbolehkan.

Adapun Ustaz Abdul Somad mengaku tidak merasa asing saat bertemu dengan Wapres Kalla baik saat sarapan berama maupun sholat Shbuh berjama’ah di MASK. “Saya seperti merasa sudah kenal lama dengan Pak JK (sapaan akrab Wapres Kalla),” ujarnya.

“Saya tidak merasa asing, kaku, seperti ada protokoler. Seperti sudah lama kenal, entah perasaan saya saja,” ujar Somad.

Ustaz Abdul Somad pun berseloroh akan berbagi pengalamannya itu saat bertemu keluarganya di Pekanbaru, Riau.

“Nanti malam, insya Allah saya akan pulang ke rumah. Pertanyaan yang pasti, mereka tanya apa rasanya sarapan dengan Pak Wapres, saya akan jawab satu kata, kenyang,” ungkap Ustaz Somad yang langsung disambut tawa jama’ah Kuliah Dhuha di MASK.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, Wapres Kalla tampak berjalan kaki dari kediamannya menuju MASK yang berjarak dekat dengan rumah dinasnya dengan didampingi Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla.. Saat itu, Wapres Kalla mengenakan peci dan baju koko berwarna putih.

Turut mendampingi Wapres Kalla ialah Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komjen Pol. Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Ketua PP DMI, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn.) Drs. H. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., yang juga Wakil Ketua Majelis Pakar PP DMI.

Usai sholat Shubuh berjama’ah, Ustaz Abdul Somad bersama Wapres Kalla dan Ibu Mufidah Kalla kembali ke rumah dinas untuk sarapan pagi bersama, kemudian kembali ke MASK untuk sholat Dhuha dan mengisi jadwal Kuliah Dhuha pada Pukul 06:30 WIB di MASK.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani